Panglima TNI: Saya yang Tanda Tangan Penahanan Kepala Basarnas

Panglima TNI: Saya yang Tanda Tangan Penahanan Kepala Basarnas
Foto: KPK OTT Basarnas dan Dugaan Suap Kabasarnas Rp88,3 Miliar. KPK menunjukkan barang bukti hasil OTT kasus dugaan suap pengadaan barang dan jasa di Basarnas, di Gedung Merah Putih KPK, Rabu (26/07/2023).
TIPIKOR
Sabtu, 05 Ags 2023  14:14

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menegaskan dirinya yang menandatangani surat penahanan Kepala Basarnas Marsekal Madya Henri Alfiandi usai ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi.

Marsekal Madya Henri Alfiandi ditahan instalasi tahanan militer milik Pusat Polisi Militer TNI Angkatan Udara (AU), Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Jaro Ade

“Sudah saya tandatangani untuk ditahan masuk tahanan. Itu kalau Pati kan Panglima TNI. Jadi sudah saya tandatangani dan langsung ditahan untuk dilaksanakan penyidikan lebih lanjut,” kata Yudo Margono dikutip Sabtu, 5 Agustus.

Yudo mengaskan TNI bakal selalu berkoordinasi dengan KPK dalam pengusutan kasus dugaan korupsi tersebut.

Ika Mustika

Masyarakat juga diminta tak perlu khawatir dengan pengusutan yang saat ini dilakukan internal TNI. Sebab, transparansi akan diutamakan dan semua prajurit yang bersalah akan disanksi sesuai aturan.

Baca juga: Hakim Agung Non-aktif Gazalba Saleh Dituntut 11 Tahun Penjara

“Tunjukan mana impunitas yang diterima oleh prajurit TNI. Kalau salah pasti dilaksanakan penyidikan dan dihukum sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” kata Yudo.

Di sisi lain, Yudo mencontohkan tidak adanya impunitas dalam tubuh TNI. Bahkan sempat disinggung juga menyinggung kasus korupsi Brigadir Jenderal TNI Teddy Hernayadi pada 2016.

Pada kasus itu, majelis hakim pada Pengadilan Militer tingkat II menjatuhkan vonis penjara seumur hidup kepada Brigjen TNI Teddy Hernayadi di kasus korupsi pengadaan Alutsista di Kementerian Pertahanan (Kemenhan). Bahkan, dipecat sebagai prajurit TNI.

Baca juga: Sekretaris MA Hasbi Hasan Resmi Ditahan KPK

“Bahkan ada keputusan seumur hidup di 2016,” kata Yudo.

Hal:
1
2
Berikutnya
TAG:
basarnas
tni
kpk
ott
Berita Terkait
Selengkapnya