Terkait PETI, Aliansi Indonesia Kirim Surat Resmi ke Pihak-Pihak Terkait Untuk Menindaklanjuti

Terkait PETI, Aliansi Indonesia Kirim Surat Resmi ke Pihak-Pihak Terkait Untuk Menindaklanjuti
 
DAERAH
Senin, 03 Jul 2023  20:26

Terkait penambangan emas tanpa izin (PETI) di Kabupaten Bogor Termasuk wilayah PT ANTAM tbk Aliansi Indonesia mengirim surat resmi ke pihak-pihak terkait agar ditindaklanjuti.

“Ke PT. Antam, Polres, Kodim dan Plt Bupati Bogor suratnya. Sudah kami kirimkan hari Rabu tanggal 28 Juni 2023 kemarin, namun mengingat saat itu mulai libur panjang Idul Adha, bisa dihitung dikirimkan atau diterima hari ini,” ujar Staf Ahli Lembaga Aliansi Indonesia. 

Baca juga: Memperingati HUT Bhayangkara ke-77, Bhayangkara GrassTrack Open Jabar 2023 di Cileuksa, Bogor

Surat tersebut merupakan tindak lanjut dari temuan serta pemberitaan Media Aliansi Indonesia tentang PETI baik penambangan maupun pengolahan di wilayah Kabupaten Bogor. 

“Kami telah melakukan tugas dan fungsi sebagai media maupun sebagai lembaga kontrol sosial, sekarang saatnya pihak-pihak yang berwenang yang harus menjalankan tugasnya serta mengambil tindakan-tindakan yang perlu sesuai kewenangan masing-masing,” imbuhnya.

Keputusan untuk mengirim surat resmi tersebut diambil setelah mempertimbangkan berbagai faktor, salah satunya adalah batas kewenangan media dan lembaga kontrol sosial.

Baca juga: Sudah Tak Asing Lagi, Ocot, Petani Milenial Desa Malasari

“Kami tidak punya kewenangan untuk melakukan penyidikan, bahkan untuk penyelidikan yang sering kami sebut investigasi pun ada batas-batas yang tidak bisa kami tembus, seperti untuk memasuki wilayah tertentu maupun untuk melakukan interogasi. Paling banter kami hanya bisa melakukan wawancara secara sukarela, tidak bisa melakukan pemanggilan sampai penjemputan paksa,” jelasnya.

Selain itu dipertimbangkan juga faktor kenyamanan, keamanan dan keselamatan nara sumber-nara sumber yang hingga saat ini tidak ada yang mau disebutkan namanya dan menolak untuk didokumentasikan.

Hal:
1
2
Berikutnya
Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
antam
peti
tambang emas
bogor
Berita Terkait
Selengkapnya