Tidak Ada Restu dari Kiai Sepuh NU untuk Mencalonkan Diri dalam Pilpres 2024

Tidak Ada Restu dari Kiai Sepuh NU untuk Mencalonkan Diri dalam Pilpres 2024
Foto: Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (tengah) memberikan keterangan pers untuk menyikapi isu kebangsaan di Jakarta, Sabtu (02/09/2023)
NASIONAL
Minggu, 03 Sep 2023  17:01

Ketua Umum (Ketum) PBNU KH Yahya Cholil Staquf memastikan bahwa tidak ada cawapres atas nama NU. Gus Yahya –sapaannya– menuturkan bahwa dirinya sudah berkali-kali menyebutkan hal itu.

"Tidak ada pula restu dari kiai sepuh NU untuk mencalonkan diri dalam Pilpres 2024. Tidak ada pembicaraan soal capres di PBNU," terangnya dalam konferensi pers di gedung PBNU kemarin, Sabtu (02/09/2023). 

Bila ada warga NU yang menjadi kontestan pada Pemilu 2024, semua itu di luar domain PBNU. "Silakan berjuang untuk mendapatkan kepercayaan rakyat. Tapi, jangan atas nama NU," paparnya.

Baca juga: Bersama Srimulat, Ganjar Pranowo Mampu Kocok Perut Penonton

Menurut Gus Yahya, warga NU sudah memiliki pilihan masing-masing. "Kalau ada aktor rusak-rusakan, ya jangan dipilih," tuturnya. Dia yakin warga NU sudah mengetahui siapa calon yang layak dan tidak layak. Tidak perlu ada yang mengajari untuk memilih siapa. "Tidak ada yang bisa menempatkan dirinya seakan-akan wakil NU," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, pasangan bakal calon presiden-calon wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dideklarasikan di Hotel Majapahit, Surabaya, kemarin sekitar pukul 14.00.

Dengan demikian, Amin menjadi pasangan calon pertama yang mendeklarasikan diri maju dalam kontestasi Pilpres 2024.

Baca juga: Bersama Gibran Resmikan Joglo Saestu, Ganjar Pranowo Diteriaki Presiden 2024

Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
nahdlatul ulama
pilpres
pbnu
yahya staquf
kyai
Berita Terkait
Selengkapnya