Ketika Etika Dikritik di Tengah Politik yang Tak Beretika

Ketika Etika Dikritik di Tengah Politik yang Tak Beretika
 
NASIONAL
Senin, 22 Jan 2024  23:44

Gibran dikritik oleh beberapa pihak terutama pendukung paslon nomor urut 1 dan 3 pasca debat cawapres, Minggu (21/1/2024).

Gibran dituding kurang beretika karena dianggap melakukan gimmick yang oleh sebagian pihak dianggap mengejek atau melecehkan.

"Padahal itu gaya guyon melalui gimmick, biar suasana lebih cair dan tidak kaku. Tapi namanya orang tidak suka, apapun tetap dipersepsikan negatif," kata Ketua Bidang Media dan Informasi, Muhammad Safei.

Baca juga: Pakai Jaket Naruto saat Debat Cawapres, Prabowo-Gibran akan Makin Disukai Anak Muda

Kritik berlebihan terhadap Gibran itu menurutnya mencerminkan ketidak fahaman terhadap perkembangan terkini, terutama terkait generasi muda, yaitu generasi millenial dan gen-Z.

"Sulit ketika kita menerapkan sudut pandang generasi sebelumnya untuk menilai generasi milenial dan gen-Z, akibatnya ya berlebihan atau luput," ujarnya.

Standar atau sudut pandang beda generasi itu yang kemudian dieksplor untuk mengkritik Gibran habis-habisan, salah satunya Gibran dianggap kurang beretika.

"Itu yang pertama ya, yang kedua soal etika itu sendiri. Agak aneh mendengar orang ngomong soal etika di tengah rendahnya etika dalam berpolitik. Sangat rendah kalau nggak boleh disebut nggak ada," jelasnya.

Baca juga: Gerakan Sekali Putaran, Relawan Bagikan Seribu Makan Siang dan Susu Gratis

Rendahnya etika politik itu dengan jelas mulai diperlihatkan oleh Nasdem, parpol yang pertama deklarasi mendukung Anies Baswedan yang dipersonifikasikan atau dipersepsikan sebagai antitesis dari Jokowi, serta tema besar yang diusung adalah perubahan.

"Sementara Nasdem sendiri berada di pemerintahan dan tidak menarik diri dari koalisi sembari membiarkan capres yang mereka usung terus melakukan kritik bahkan serangan terhadap pemerintah. Jadi Nasdem menjadi bagian koalisi namun juga memerankan diri sebagai bagian dari oposisi," tuturnya.

Hal:
1
2
Berikutnya
Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
gibran
pilpres
cawapres
pernusa
Berita Terkait
Selengkapnya