Syahrul Yasin Limpo `hilang` di Eropa, KPK: Penyidikan jalan terus

Syahrul Yasin Limpo `hilang` di Eropa, KPK: Penyidikan jalan terus
Foto: Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.
TIPIKOR
Selasa, 03 Okt 2023  21:50

Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK memberi respons atas kabar mengenai dugaan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo alias SYL hilang kontak setelah kunjungan ke Eropa, Italia dan Spanyol. Kabar ini mencuat di tengah kabar penetapan politikus Nasdem itu sebagai tersangka kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) oleh KPK.

"Kami ingin tegaskan, seluruh kerja-kerja penyidikan perkara ini kami pastikan terus kami selesaikan," kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri, Selasa (03/10/2023).

Ali Fikri belum membeberkan lebih lanjut terkait pengetahuan KPK atas kabar hilang kontaknya SYL tersebut. Dia hanya menekankan, tiap perkembangan dari penanganan kasus ini akan selalu KPK sampaikan ke publik.

Baca juga: Bareskrim ambil alih kasus temuan 12 senpi di rumdin Syahrul Yasin Limpo

"Pada saatnya pasti kami sampaikan perkembangannya secara utuh dan lengkap," ungkap Ali Fikri.

Sebelumnya, Wakil Menteri Pertanian Havrick Hasnul Qolbi mengungkapkan, ia masih mencari keberadaan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan ia hingga saat ini belum mengetahui keberadaan Mentan tersebut setelah kunjungan kerja di Spanyol.

“Jadi sampai detik ini kita terus mencari keberadaan Pak Menteri karena memang sampai detik ini kita belum ada kabar mengenai keberadaan Pak Menteri sampai hari ini," ungkap Harvick kepada wartawan di Kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (03/10/2023).

Harvick mengatakan dia mendapat informasi terakhir keberadaan Syahrul Yasin Limpo di Spanyol. Ada beberapa pejabat eselon hingga staf yang ikut kunjungan kerja.

Baca juga: KPK: Temuan uang di rumdin Mentan Syahrul Yasin Limpo capai Rp30 M

"Kalau dari Spanyol informasi terakhir yang kami terima itu berbarengan dengan pejabat eselon kami, eselon 1 tiga orang, juga ada eselon 2 yang ikut kunker Pak Menteri juga beberapa staf," ujarnya.

Harvick mengatakan beberapa pejabat yang ikut rombongan kunker sudah balik ke Tanah Air. Kepulangan itu tidak berbarengan karena persoalan tiket. Ia juga mengatakan bahwa Mentan tidak akan kabur dari dugaan kasus korupsi di Kementerian Pertanian.

Hal:
1
2
Berikutnya
Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
kpk
syahrul yasin limpo
mentan
Berita Terkait
Selengkapnya