Kasus dugaan Pimpinan KPK peras Mentan SYL naik ke Penyidikan

Kasus dugaan Pimpinan KPK peras Mentan SYL naik ke Penyidikan
Foto: Penyidik Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya meningkatkan status kasus pemerasan pimpinan KPK terhadap mantan .Mentan
TIPIKOR
Sabtu, 07 Okt 2023  19:05

Polda Metro Jaya menetapkan kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK kepada mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) naik ke tahap penyidikan. Penetapan itu dilakukan setelah Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya melakukan gelar perkara pada, Jumat (06/10/2023).

Dengan naiknya status kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan ke tingkat penyidikan, kepolisian juga berupaya mengumpulkan barang bukti. Selain itu, Polda Metro Jaya akan memanggil saksi lain untuk menetapkan adanya tersangka.

“Setelah gelar perkara yang merekomendasikan status penyelidikan menjadi penyidikan, selanjutnya akan diterbitkan surat penyidikan untuk melakukan serangkaian tindakan untuk mengumpulkan bukti. Dengan bukti itu diharapkan membuat terang tindak pidana yang terjadi dan menemukan tersangkanya,” kata Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak kepada awak media pada Sabtu (07/10/2023).

Baca juga: Syahrul Yasin Limpo minta perlindungan LPSK di tengah pengusutan KPK dan penyelidikan laporan pemerasan

Ade menambahkan pengembangan kasus ini berdasarkan pada Pasal 12 e atau pasal 12 B, atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi juncto Pasal 65 KUHP.

Pengembangan kasus dugaan tindak korupsi berupa pemerasan oleh pimpinan KPK ini disebut Ade masuk ke Polda Metro Jaya melalui aduan masyarakat pada 12 Agustus 2023 lalu. Pihak kepolisian kemudian memulai langkah penyelidikan berdasarkan surat perintah penyelidikan yang terbit pada 21 Agustus 2023.

Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
syahrul yasin limpo
polda metro
kpk
pemerasan
Berita Terkait
Selengkapnya