Didesak Nonaktifkan Ketua KPK, ini jawaban Presiden Jokowi

Didesak Nonaktifkan Ketua KPK, ini jawaban Presiden Jokowi
Foto: Presiden Joko Widodo saat menghadiri Rapat Pimpinan Nasional Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) 2023 di Istora Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (7/10/2023).
TIPIKOR
Sabtu, 07 Okt 2023  20:21

Polda Metro Jaya menaikkan kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terhadap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dari tahap penyelidikan ke penyidikan.

Dengan naik ke penyidikan, artinya pihak penyidik telah menemukan unsur pidana serta mengantongi dua alat bukti permulaan yang cukup. Penetapan tersangka pun diperkirakan tinggal menunggu waktu.

Seiring dengan itu, desakan agar Presiden Joko Widodo menonaktifkan Ketua KPK Firli Bahuri pun menguat.

Baca juga: Kasus dugaan Pimpinan KPK peras Mentan SYL naik ke Penyidikan

Namun Jokowi ingin mempelajari kasus tersebut terlebih dulu sebelum mengambil tindakan.

“Saya belum tahu permasalahannya secara detail. Saya belum mendapatkan informasi secara detail karena masalahnya masih simpang siur seperti ini. Saya kalau komentar, nanti saya ada yang bilang mengintervensi,” kata Jokowi di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (7/10/2023).

Jokowi menyampaikan dia masih mencari informasi terkait hal itu.

Namun dia menekankan bahwa kasus yang terjadi adalah urusan penegakan hukum.

Baca juga: Syahrul Yasin Limpo minta perlindungan LPSK di tengah pengusutan KPK dan penyelidikan laporan pemerasan

“Jangan sampai kalau saya mengomentari lebih awal, ada yang menyampaikan (saya melakukan) intervensi. Ini tadi saya menunggu informasi yang detail mengenai peristiwa ini dan sebetulnya itu menjadi kewenangan, baik di kepolisian, baik yang di KPK, baik di kejaksaan,” ujar Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya telah menaikkan kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terhadap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dari tahap penyelidikan ke penyidikan.

Hal:
1
2
Berikutnya
Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
kpk
syahrul yasin limpo
polda metro
jokowi
Berita Terkait
Selengkapnya