Tudingan SPL kepada PT. GPU dibantah Barisan Aktivis Hijau Sriwijaya, (BAHARI) : terkesan fitnah.

Tudingan SPL kepada PT. GPU dibantah Barisan Aktivis Hijau Sriwijaya, (BAHARI) : terkesan fitnah.
Foto: BAHARI Sumsel
SUMSEL
Selasa, 03 Okt 2023  16:04

PALEMBANG, Aliansinews-

Perhimpunan Barisan Aktivis Hijau Sriwijaya (BAHARI) dengan tegas menepis adanya tudingan dari Serikat Peduli Lingkungan  Indonesia (SPL) Palembang – Indonesia di salah satu media online beberapa waktu lalu. 

Jaro Ade

Pasalnya, studi kasus yang dilakukan SPL tersebut seakan menyudutkan salah satu pihak dan terkesan fitnah.

Hal tersebut, seperti dikatakan Direktur Bahari  Jhon Kenedy SY dalam release  yang diterima redaksi media ini, Selasa (03/10/23).

Ika Mustika

Jhon Kenedy menilai atas tudingan SPL dalam pemberitaan tersebut  jelas merupakan tuduhan yang serius.

Baca juga: Dana DAU Kelurahan Siring Agung Pentingkan Untuk Peningkatan Kesehatan dan Infrastruktur.

"Karena kami faham betul Kedudukan Hukum (Legal Standing) PT Gorby Putra Utama,  baik dalam hal administratif maupun pencapaian masih dalam kategori baik,"ujar Jhon Kenedy

Menurutnya, bahwa tuduhan SPL tentang PT GPU yang tidak memiliki Dokumen Persetujuan Amdal tidak benar adanya, sebab sejak awal berdiri PT. GPU telah memiliki Izin Amdal berdasarkan SK Bupati Musi Rawas melalui Keputusan No.20/KPTS/BLHD/2008 tanggal 22 Desember 2008 tentang Persetujuan AMDAL PT GPU.

Bahkan bukan hanya itu saja, pada  Tahun 2022 pun, PT GPU dalam RKAB IUP OP nya dengan Nomor : T-413.RKAB/MB.05/DJB.B/2022 tertanggal 17 Januari 2022 juga terdapat pelaksanaan kewajiban pengelolaan lingkungan, studi amdal, dan studi kelayakan.

Baca juga: Perwakilan Ombudsman RI Sumsel Panggil PT KAI Terkait Penggusuran Di Kelurahan Kemang Agung.

“Untuk sekedar diketahui terkait izin update PT GPU telah memiliki Persetujuan RKAB IUP OP Tahun 2023 dari Kementrian ESDM melalui Surat Dirjen Minerba dengan Nomor : T-1856.RKAB/ MB.05/ DJB.B/ 2022 tertanggal 30 Desember 2022 yang mencakup semuanya termasuk persoalaan Pengelolaan Lingkungan Hidup didalamnya (termasuk Izin Amdal) dengan total jumlah Produksi Batubara maksimal sebesar 2.4 juta ton,” jelas dia.

Hal:
1
2
Berikutnya
TAG:
Terkesan fitnah bantah BAHARi LSM tudingan
Berita Terkait
Daerah   Jumat, 08 Des 2023  16:40
Selengkapnya