Proyek Pengerjaan Pasar Hewan Sumberlawang Sragen di Soal, Rehab Yang Menelan Anggaran Rp6,5 Miliar Itu di Duga Adanya Penyimpangan

Proyek Pengerjaan Pasar Hewan Sumberlawang Sragen di Soal, Rehab Yang Menelan Anggaran Rp6,5 Miliar Itu di Duga Adanya Penyimpangan
Foto: Penampakan gapura depan pintu masuk pasar hewan sumberlawang Sragen. (Dok)
SOLO RAYA
Senin, 06 Nov 2023  21:42

SRAGEN – Adalah pasar hewan, dulu terkesan jadul agak kumuh. Kini akhirnya dibangun keren, namun proyek rehab pasar hewan di Desa Ngandul, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen ini menuai sorotan berbagai pihak.

Rehab proyek dengan menelan anggaran Rp 6,5 miliar ini dinilai asal-asalan dan diduga ada beberapa penyimpangan dalam pengerjaannya.

Aliansi Indonesia Vs LAPAAN RI eks Soloraya yang digawangi Awi, Kusumo, Bambang CS yang terjun kelapangan juga menemukan fakta yang mengejutkan. Pengerjaan diduga tak sesuai spesifikasi termasuk adanya pengadaan besi. Bahkan penyimpangan yang lain juga proyek tersebut tidak sesuai RAB (Rencana Anggaran Belanja). 

Baca juga: Oknum Wartawan-LSM Karbitan Kian Menjamur Gentayangan Masuk Wilayah Sragen, Senior Media Bambang : Bikin Lurah-lurah Pada Pusing

"Setelah kami cek dengan teliti pelaksanaan dengan matrial ada keganjalan, padahal ini bukan anggaran yang sedikit. Kami mengharap pihak DPRD dan Pemkab Sragen turun kelokasi meneliti kembali dengan membawa staf ahli mensurvey pengerjaan pasar hewan di Sumberlawang saat ini," ungkap BRM Kusumo Putro SH MH. 

Dia juga mengatakan, terkait dengan digelontor anggaran yang begitu besar harusnya speak bangunan maupun kwalitas semestinya memenuhi standarisasi secara baik. Apalagi lantaran anggaran untuk pembangunan pasar tersebut mencapai Rp 6,5 miliar.

"Dinas terkait harus segera turun tangan agar pekerjaan yang amburadul ini tidak makin merembet. Ini lokasi fasilitas umum warga lintas perdagangan ternak khususnya kambing sapi. Sekiranya tak ada respon kami dukung rekan-rekan melaporkan ke APH," tegasnya. 

Pantauan dilokasi, sorotan soal berbagai matrial maupun kejanggalan terkait pengerjaan proyek sementara pada soal ketebalan besi pipa yang terpasang dilokasi parkir, lalu ikatan pada pemasangan wiremesh, pengerjaan dasar pada ketebalan lantai yang mulai retak, pengerjaan gapura pintu masuk dan masih beberapa lainnya lagi. 

Baca juga: Angka Mencapai 2 Miliar, Dugaan Jual Beli Jabatan PDAM Kudus Dilaporkan ke Kejaksaan Negeri

"Mohon ini ditulis dan dicatat, saya wes mumet. Disumberlawang ini kalau hubungi pejabat publik yang mudah bisa dihitung. Sekiranya marai budreg di rilis, data kumpulkan, lalu laporkan. Nanti juga hubungi sendiri,"ucapnya.

Penyediaan barang matrial khususnya besi yang tak sesuai RAB, lanjut Kusumo, tentunya membuat kualitas dan kekuatan bangunan kurang kokoh. Apalagi pada baris-baris tiang pancang untuk ikatan sapi dinilai kurang kokoh. 

Hal:
1
2
Berikutnya
Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
Dugaan
Pasar hewan
Penyimpangan
Sumberlawang
Sragen
Berita Terkait
Selengkapnya