Kronologis Tewasnya DK, LAI: Pihak Polda Metro Jaya Terkesan Tertutup

Kronologis Tewasnya DK, LAI: Pihak Polda Metro Jaya Terkesan Tertutup
Foto: Pihak jajaran kepolisian Polda Jabar saat melakukan evakuasi dan indentifikasi korban penganiayaan oleh para oknum Polisi PMJ di dasar jurang Jalan Raya Purwakarta, Kampung Cirangrang, Desa Sumur Bandung, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat, Jabar.
HUKUM
Senin, 31 Jul 2023  20:32

Kabid Humas Polda Metro Jaya (PMJ), Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, memberikan penjelasan terkait keterlibatan 9 oknum Polisi atas kematian Dul Kosim (DK) yang diduga bandar narkoba. Saat ini, 8 dari 9 oknum diperiksa Propam.

"Secara simultan masih proses, saat ini Bid Propam telah memeriksa 8 oknum anggota dari 9. Satu masih proses pendalaman pencarian keberadaannya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan. 

Diketahui, korban berinisial DK (38). Para anggota yang terlibat dan sudah ditahan adalah AB, AJ, RP, FE, JA, EP, dan YP. Sementara satu anggota lainnya berinisial S dalam pengejaran.

Baca juga: 7 Polisi PMJ Ditahan, LAI: Pimpinannya Harus Diperiksa

"Saat ini sedang kita periksa secara intensif, sudah ditetapkan tersangka dan sudah ditahan," katanya, Jumat (28/7/2023), di PMJ. 

Menanggapi keterangan pihak PMJ dan pemberitaan media terkait kasus tersebut, Wakil Ketua Tim Khusus Lembaga Aliansi Indonesia (LAI), Randika P mengatakan, pihak PMJ terkesan tertutup sehingga pihak media dan masyarakat yang menerima informasi kasus ini tidak lengkap dan jelas.

"Kami mengikuti dan mengetahui," lanjut Randika, "Dengan jelas proses sejak dicarinya almarhum Dul Kosim hari Sabtu lalu setelah keluar rumah sekitar jam 9 pagi dalam kondisi sehat dan datangnya 7 orang yang mengaku petugas Direktorat Narkoba Unit 1 Subdit 2 PMJ. Sam (abang korban) dan Tasan (paman korban), saat ke Ditresnarkoba juga kami yang mendampingi."

Selasa siang Tim Khusus LAI datang ke Polsek Koja karena adanya informasi penemuan mayat pria tanpa identitas pada Senin, (24/7/2023) siang, di dasar jurang Jalan Raya Purwakarta, Kampung Cirangrang, Desa Sumur Bandung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), yang merupakan wilayah hukum Polsek Cipatat - Polres Cimahi.

Baca juga: Warga Jakut Ditemukan Tewas Di Cimahi, LAI: Kepolisian Jangan Saling Lempar

"Senin siang, korban ditemukan tewas telungkup di atas sepeda motornya oleh sopir truk yang berhenti untuk buang air kecil. Esoknya jajaran Polsek Cipatat dan Polres Cimahi datang ke Polsek Koja, kami membantu mendampingi istri korban dan Ketua RW saat dimintai keterangan oleh pihak penyidik menggunakan salah satu ruangan Reskrim," terang Randika.

Hal:
1
2
3
Berikutnya
Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
polda metro
polda jabar
aliansi
narkoba
Berita Terkait
Selengkapnya