Ekspresi Data: Mengapa Susah Mengikis Popularitas Jokowi?

Ekspresi Data: Mengapa Susah Mengikis Popularitas Jokowi?
Foto: Presiden RI Joko Widodo
NASIONAL
Kamis, 07 Des 2023  12:16

“Pemimpin yang dicintai rakyatnya akan lama bertahan di hati rakyatnya, walau ia dikritik habis-habisan oleh lawan politiknya.“ 

“Bahkan ia tetap dicintai walau Ia kadang juga  membuat kesalahan dalam kebijakannya,  sejauh rakyat meyakini bahwa niat pemimpin itu baik-baik saja.”

Ini kutipan yang terkenal dari Mahatma Gandhi. Sang mahatma menjelaskan pentingnya menjadi pemimpin yang dicintai dan memelihara niat baik. 

Baca juga: FX Rudy yang Makin Nyinyir dan Tak Terkendali

Kutipan  ini pula yang kita ingat ketika mencoba memahami situasi Jokowi akhir-akhir ini. Survei LSI Denny JA baru saja selesai untuk akhir November 2023  dan awal Desember 2023.

Terlihat  di sana "kepuasan publik kepada Jokowi masih sangat-sangatlah tinggi, di angka 79,1%". Ini angka yang sangat kuat  sekali padahal lebih dari sebulan ini begitu banyak hantaman bertubi-tubi kepada Jokowi.

Bagaimana  kita memahami fenomena ini? Kita mulai dari berita, rentetan berbagai kritik yang dialamatkan  kepada Jokowi.

Pertama, kritik dari Ganjar Pranowo calon presiden dari partai Jokowi sendiri PDIP. Ini yang menjadi judul berita: “Ganjar Mulai  Sering Serang Jokowi.”

Baca juga: Makin Dekat Pemilu, Serangan Terhadap Pemerintahan Jokowi Semakin Gencar dan Sistematis

Lebih keras lagi, judul berita ini: “Megawati Serang Jokowi Kenangan Orde Baru Kembali Dibuka Penguasa.” Tak tanggung-tanggung kritik Megawati yang frontal, sebagai ketua umum PDIP, partai Jokowi sendiri.  

Tak hanya dari PDIP, ini juga judul berita keras lain: “Blak-Blakan Mantan Ketua KPK Sudutkan Jokowi.” KPK pun ikut mengkritik Jokowi, bukan lembaganya tapi mantan ketuanya.

Hal:
1
2
3
4
Berikutnya
Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
pilpres
jokowi
denny ja
Berita Terkait
Selengkapnya