Dinilai Tidak Sah, Pengisian Perdes Desa Sambungmacan di Laporkan ke Kejati

Dinilai Tidak Sah, Pengisian Perdes Desa Sambungmacan di Laporkan ke Kejati
Foto: Gapura masuk pemdes Sambungmacan
SOLO RAYA
Kamis, 14 Des 2023  12:13

SRAGEN – Diklaim adanya persekongkolan soal birokrasi, kemudian menjadikan kerugian negara. Dimana atas dasar proses seleksi perangkat desa menggunakan anggaran dari pemerintah.

Pada akhirnya salah satu lembaga di Sragen melaporkan Kepala Bagian (Kabag) Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Sragen Sumanto ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah.

Diketahui Sumanto berdiri sebagai perwakilan darj dinas PMD. Kemudian Yudhi Kurniawan sebagai selaku panitia seleksi perangkat desa Sambungmacan. Mereka juga yang berkomunikasi dengan IS yang dituding sebagai oknum yang mencatut nama institusi UGM untuk pelaksanaan seleksi.

Baca juga: Kades di Gubug Jadi Tersangka Dalam Kasus Pengisian Perdes, Kini Jalani Pemeriksaan Panggilan Kedua

Laporan tersebut terkait jabatan sebelumnya waktu masih berdinas di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sragen saat seleksi perangkat Desa Sambungmacan, Kecamatan Sambungmacan. Dan pihaknya menilai hasil seleksi tidak sah lantaran menggunakan pihak pelaksana yang tidak sah.

”Awalnya di Desa Sambungmacan ada pengumuman seleksi perangkat desa, yang mendaftar 12 memperebutkan satu posisi,” katanya kemarin.

Sampai pada akhirnya ada berita terkait klarifikasi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) bahwa yang menyelenggarakan bukan dari universitas tersebut.

Selanjutnya DPRD Komisi I juga pernah audiensi dan meminta keterangan dari PMD Sragen. Pihaknya menilai jika ada pembiaran maka suatu pelanggaran hukum.

Baca juga: Fakta Baru Kasus Korupsi Perangkat Desa Trunuh Klaten, Sebagian Dana Ludes Buat Judi Online

”Saya mendapatkan bukti-bukti dan kajian yang cukup kuat, saya kirim ke kejati tadi pagi Senin (11/12). Selanjutnya dengan tembusan ke kapolri, KPK RI dan kejaksaan agung,” terangnya.

Dia menambahkan, ada kerugian negara. Dalam nota kerjasama ditandatangani pihak yang menguji mengaku dari UGM. Kemudian dari Dinas PMD Sragen, selanjutnya camat dan ketua panitia.

Hal:
1
2
Berikutnya
Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
Seleksi
perdes
setda
kejati
Berita Terkait
Selengkapnya