Solo Raya

Tim Bersinergi Dengan Polri Berhasil Membongkar Sindikat BBM Solar di Demak Jateng, Tiga Pelaku Berhasil di Amankan

Tim Bersinergi Dengan Polri Berhasil Membongkar Sindikat BBM Solar di Demak Jateng, Tiga Pelaku Berhasil di Amankan
Foto: Penampakan bangunan kosong sebagai gudang penimbunan BBM Solar di Karangtengah Kabupaten Demak Jawa Tengah. Foto: dok
Jumat, 20 Jan 2023  23:13   |   Dibaca: 560

DEMAK - Kesekian kalinya, salah satu lembaga besar di Indonesia ini menguak kasus terkait seputar BBM. Tim melalui sinergi dan koordinasi Polda Jateng serta dibantu Satreskrim Polres Demak berhasil membongkar salah satu komplotan sindikat Mafia BBM jenis solar di Jawa Tengah.

Kasus terkuak berawal dari tim kami saat membuntuti kendaraan mitsubisi L300 dengan nopol H 9684 E yang melintas di Jalan Semarang-Demak, tepatnya di Desa Karangtowo, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak.

Dugaan temuan mobil tersebut bermuatan solar didalam Jerigen, yang diambil dari suatu SPBU. Armada tersebut masuk di sebuah kawasan perumahan dan di ikuti beberapa sepeda motor yang ternyata juga membawa jerigen berisi solar usai mengangsu.

Tak kurang akal, sebelum penggerebekan Tim Lembaga sebelumnya sudah membidik serta berkoordinasi dengan beberapa Polda Jateng beserta jajaran lainnya.

Salah satu tim, Bambang Sumadi juga mengatakan bersama tim sebelumnya membuntuti para penyetor solar sampai TKP. Setelah sampai titik penimbunan ternyata ada 5 orang karyawan yang sedang beraktifitas dilokasi gudang atau pangkalan.

"Saat kami bersama tim gerebek dilokasi gudang ini terdapat 14 kempu yang berisi solar, masing-masing kapasitas 1 ton atau seribu liter. Kami juga terkejut, menurut keterangan karyawan yang sedang bekerja, bahwa pemilik atau pemain solar tersebut adalah milik ED dan SD, keduanya adalah anggota polisi yang berdinas diwilayah Polres Demak sendiri," bebernya, Kamis (19/1/2023).

Atas kejadian itu, Tim kami pun segera melaporkan ke Polda Jateng yang sebelumnya sudah saling koordinasi. Kemudian koordinasi juga menyambung ke Polres Demak terkait temuan penimbunan solar tersebut. 

Saat itu juga, setelah saling terkoordinir akhirnya dibantu Satuan Reserse Kriminal Polres Demak berhasil membekuk tiga pelaku penimbunan BBM jenis solar. Dalam penangkapan juga menemukan 1.300 liter BBM jenis solar pada kempu dan jerigen pada bangunan kosong yang menjadi gudang tersebut.

Dari Tim pun juga membeberkan, adapun penimbunan terkait solar subsidi itu juga didapat dari pembelian dari beberapa SPBU di sekitar wilayah Kabupatem Demak dan SPBN Bungo Kecamatan Wedung.

Sementara itu, usai penggerebekan para pelaku langsung adanya Jumpa Pers. Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono, juga menyampaikan bahwa ketiga pelaku itu juga menjalankan aksinya dengan cara membeli BBM dari pengepul yang membeli BBM solar di sejumlah SPBU di Kabupaten Demak. Kemudian menjualnya ke tempat-tempat industri yang ada di Kabupaten Demak maupun wilayah lainnya.

Kapolres juga apresiasi dari berbagai elemen yang telah sinergi dan memberikan informasi sehingga dapat membekuk sindikat pelaku penimbun atau penyalahgunaan BBM jenis solar itu.

"Modusnya mereka menggunakan surat rekomendasi pembelian BBM milik sejumlah kelompok tani. Ketiga pelaku sudah kami tangkap beserta armada digunakan untuk mengangkut BBM jenis solar beserta barang bukti lainnya," terangnya.

Kemudian pelaku yang sudah ditangkap inisial RM, HL dan SS yang berdomisili di Kabupaten Demak. Dari keterangan ketiga pelaku juga menambahkan keterangan, mereka menampung dan menjual BBM jenis solar itu sudah berjalan selama 3 bulan.

Karena perbuatannya, ketiga pelaku itu dikenakan Pasal 55 Undang-undang RI nomor 22 tentang Minyak dan Gas sebagaimana yang telah diubah Pasal 40 angka 9 Undang-undang RI Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja, juncto Pasal 55-56 KUHP Pidana dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara. 

"Kasus ini menjadi prioritas kami untuk melakukan penyelidikan lebih dalam terkait dari mana mereka mendapat BBM bersubsidi dan kemana saja mereka menjualnya. Kami juga akan melakukan penyelidikan dari mana surat rekomendasi BBM jenis solar untuk petani sehingga para pelaku dengan mudah mendapatkan BBM di SPBU," pungkasnya. (Tim)

 

Editor: Awi

TAG:
Berita Terkait
Fokus
Populer
Populer
Tabloid Media Aliansi Indonesia
<