Tingkatkan Kemajuan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat, Pemdes Wonorejo Kedawung Sragen Progres Beberapa Inovasi Program Unggulan Khususnya Pertanian

Tingkatkan Kemajuan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat, Pemdes Wonorejo Kedawung Sragen Progres Beberapa Inovasi Program Unggulan Khususnya Pertanian
Foto: Seluruh perangkat Desa Wonorejo Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen (dok)
SOLO RAYA
Rabu, 29 Nov 2023  21:52

SRAGEN – Pemerintah merupakan ujung tombak pembangunan dan peningkatan kesejahteraan. Karenanya, pemerintah terus memberikan perhatian lebih terhadap kemajuan desa dan pemberdayaan masyarakat.

Perubahan paradigma juga akan membuat desa lebih cepat untuk jauh lebih berkembang, karena menjadi subjek atau pelaku pembangunan semuanya akan menitikberatkan pada partisipasi masyarakat setempat.

Pemerintah Desa Wonorejo, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen semakin memacu kinerja dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan menuju desa mandiri. Sehingga kedepannya akan menata beberapa inovasi program khususnya perkembangannya di sektor pemberdayaan masyarakat, perekonomian dan khususnya sektor pertanian sehingga menjadi desa yang maju. 

Baca juga: Edarkan Psikotropika dan Obat Terlarang, Pria Asal Masaran di Bekuk Satresnarkoba Polres Sragen

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo mengharapkan dengan sejumlah upaya yang dilakukan oleh pemerintah di berbagai bidang, bahwasanya Indonesia mendatang dapat menikmati swasembada pangan khususnya beras, kedelai dan jagung.

Pemaparan tersebut sempat disentil Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat pembukaan KTNA Sragen The Exporience 2023 di Gedung SMS Sragen beberapa waktu lalu. Bupati Yuni menyampaikan soal status Sragen yang menjadi penyangga pangan terbesar kedua di Jateng setelah Cilacap dan kesembilan secara nasional.  

Sementara itu, potensi yang dimiliki Kabupaten Sragen sendiri juga sudah mendunia sejak lama terutama dari sektor pertaniannya. Semua itu karena keramahan warga dan pemerintahnya dalam mendatangkan investor ke Bumi Sukowati yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

Baca juga: Heboh Rumah Kades Bener Ngrampal di Kabarkan Kebobolan, Jam Rolex dan Uang Tunai Malah di Gasak Maling. Terungkap Pelaku Bekas Karyawan Sendiri

Seperti halnya di Desa Wonorejo saat ini, dimana sistem pembangunan berbasis pedesaan dengan mengedepankan kearifan lokal kawasan pedesaan yang mencakup struktur demografi masyarakat, karakteristik, sosial, tradisi, pola kegiatan usaha pertanian, perternakan, pola keterkaitan ekonomi desa. 

Hal itu diungkap Kepala Desa Wonorejo Mulyono saat ditemui di kantor Desa, pekan lalu, (Senin, (27/11/2023) yang mengungkapkan, dimana selaku Kepala Desa selama ini berusaha semampunya untuk mengembangkan perekonomian dan pemberdayaan masyarakat Desa dengan berbagai kegiatan dan program dipemerintahan. Selain menfokuskan beberapa program lainnya di infrastruktur atau pembangunan, juga progres beberapa inovasi khususnya disektor Pertanian.

Hal:
1
2
3
4
Berikutnya
Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
Progres
Pertanian
Pemdes Wonorejo
Kedawung
Sragen
Berita Terkait
Selengkapnya