Terkait Kasus Korupsi Bankeuprov, Sejumlah 4 Kepala Desa di Wonogiri Jalani Pemeriksaan

Terkait Kasus Korupsi Bankeuprov, Sejumlah 4 Kepala Desa di Wonogiri Jalani Pemeriksaan
Foto: Istimewa
SOLO RAYA
Jumat, 08 Des 2023  12:48

WONOGIRI — Sejumlah empat kepala desa atau kades di Wonogiri telah diperiksa Polda Jateng terkait kasus dugaan korupsi penggunaan dana Bantuan Keuangan Provinsi atau Bankeuprov Jawa Tengah tahun anggaran 2020.

Empat desa itu, diantaranya tiga desa di Kecamatan Jatisrono dan satu di Kecamatan Selogiri. 

Informasi yang dihimpun, berdasarkan keterangan  Polda Jateng memeriksa soal laporan kegiatan hingga pertanggungjawaban atau administrasi penggunaan Bankeuprov di empat desa di Wonogiri itu. Pemeriksaan itu dilakukan sejak awal September 2023 kemarin.

Baca juga: Sejumlah Kades di Tiga Kabupaten Diperiksa, Polda: Modus Operandi Dana Aspirasi Pada Pihak Ketiga, Spesifikasi dan Pemotongan

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Wonogiri, Antonius Purnama Adi, mengatakan ada empat desa yang menjadi objek sampling Polda Jawa Tengah dalam pemeriksaan penggunaan Bankeuprov Jawa Tengah 2020.

Sampai saat ini, pihaknya mengaku belum menerima surat pemberitahuan apa pun terkait hal itu dari Polda Jawa Tengah. Meski begitu paham bahwa saat ini Polda Jateng tengah menyelidiki dugaan tindak penyelewengan anggaran atau korupsi Bankeuprov di tiga kabupaten yaitu Karanganyar, Wonogiri, dan Klaten.

“Di Wonogiri ada ada empat desa yang menjadi sampling. Pemeriksaannya berdasarkan sampling,” kata Anton di kompleks Sekretariat Daerah Wonogiri, pekan lalu. 

Terpisah, Ketua Komisi I DPRD Wonogiri, Bambang Sadriyanto, mengatakan aparat Polda Jateng berhak memeriksa pemerintah desa di Wonogiri ihwal penggunaan Bankeuprov. Menurutnya, aparat Polda Jateng memiliki kewenangan untuk itu.

Baca juga: Kasus Dugaan Korupsi Para Kades di Tiga Kabupaten Berlanjut, Polda Jateng Gandeng Beberapa Pihak Terkait

Meski demikian dia enggan berspekulasi apakah dugaan penyelewengan itu benar atau tidak. “Saya tidak bisa komentar banyak. Tetapi mangga saja diperiksa,” katanya.

Kemudian, Direktur Reserse dan Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jateng, Kombes Pol Dwi Subagio, dalam konferensi pers di kantornya, Selasa (5/12/2023), mengungkapkan sudah ada sekitar 15 orang yang telah diperiksa terkait kasus dugaan korupsi dana bankeuprov. 

Hal:
1
2
Berikutnya
Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
Kasus
Korupsi
Aspirasi
3 Kabupaten
Polda
Berita Terkait
Selengkapnya