Terbukti Korupsi Sewa Lahan Aset Desa, Kades Manjung Wonogiri di Tetapkan Jadi Tersangka

Terbukti Korupsi Sewa Lahan Aset Desa, Kades Manjung Wonogiri di Tetapkan Jadi Tersangka
Foto: Kejaksaan Negeri Wonogiri menahan Kades Manjung yang menjadi tersangka korupsi
SOLO RAYA
Rabu, 20 Des 2023  02:49

SOLORAYA/WONOGIRI - Diduga menyalahgunakan wewenang jabatan untuk meraup kekayaan pribadi, diantaranya meraup dari sewa lahan aset Desa. Salah seorang Kepala Desa di Wonogiri dilaporkan ke Kejaksaan Negeri. 

Usai pemeriksaan juga pengumpulan data, pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Wonogiri langsung menahan Kepala Desa Manjung berinisial HTN tersebut serta ditetapkan menjadi tersangka atas dugaan kasus tindak pidana korupsi. 

Dalam hal ini, setelah kasus korupsi itu terkuak dan keranah meja hukum, eks Kades HTN  diklaim telah merugikan negara mencapai ratusan juta rupiah. 

Baca juga: Terkuaknya Kasus Korupsi Pajak Semen di Grobogan Tahap Persidangan, Kini 4 Saksi Juga di Hadirkan Dipengadilan

Kades HTN ditetapkan sebagai tersangka semenjak bulan November lalu. Dalam pelimpahan tahap II ini tersangka ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II/b Wonogiri selama 20 hari ke depan.

Setelah penetapan tersangka itu, oleh pihak Bupati menurunkan surat bahwasanya eks Kades HTN telah diberhentikan sementara jabatannya dan digantikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kades sejak November lalu.

"Hari ini kegiatan tahap II (penyerahan tersangka dan barang bukti) dari Jaksa Penyidik kepada Penuntut Umum Kejari Wonogiri," kata

Sementara itu, Kajari Wonogiri Porman Patuan Radot melalui rilis yang diterima, pekan lalu juga mengatakan, kegiatan tahap II itu terkait tindak pidana korupsi dugaan Penyimpangan Pengelolaan Aset Desa di Desa Manjung. Adapun rentan waktunya dari 2019 hingga 2022.

Baca juga: Kabut Hitam Melanda Mondokan Sragen, 7 Pemdes di Laporkan Terkait Kasus Dugaan Korupsi Dana Baprov. Kejari Waktu Dekat Koordinasi Dengan BPKP

"Yang menjadi tersangka adalah HTN. Mengakibatkan kerugian keuangan negara sebesar Rp. 327.431.546," ungkap dia.

Pada tahap II itu, tersangka juga diperiksa oleh Kepala Seksi PB3R Kejari Wonogiri. Sedangkan tersangka dalam sidang kasusnya juga didampingi oleh penasihat hukumnya.

Hal:
1
2
Berikutnya
Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
Korupsi
Kades
Munjung
Aset
Wonogiri
Berita Terkait
Selengkapnya