Tahanan kabur, Kalapas Pemuda Tangerang di Ganti

Tahanan kabur, Kalapas Pemuda Tangerang di Ganti
 
BANTEN
Jumat, 08 Des 2023  17:27

Sugeng Irawan kini menjabat sebagai Kepala Lapas Pemuda Tangerang menggantikan Kunto Wiryanto, Selanjutnya Kunto Wiryanto menjadi Kepala Rutan Paledang, Bogor. Sugeng Irawan sebelumnya menjabat sebagai Kepala Lapas Lampung.

Serah terima jabatan Kepala Lapas Pemuda Tangerang dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Banten Imam Santoso di Lapas Pemuda Tangerang, Kamis (31/5).

Menurut Imam, pergantian Kunto Wiryanto kepada Sugeng Irawan karena karena tuntutan masyarakat yang lebih tinggi untuk menyelesaikan masalah di Lapas Pemuda Tangerang. Seperti diketahui, banyak hal yang kecil, hingga sesuatu hal yang menjadi pemberitaan luar biasa. Seperti kasus kaburnya enam orang napi, yang hingga kini belum tertangkap semuanya. Belum lagi kasus penemuan bandar narkoba asal Iran yang beroperasi dari balik jeruji penjara itu.

Baca juga: Proyek drainase PT Palindo Jaya patahkan pipa Perumdam TKR Kabupaten Tangerang

"Opini masyarakat atas kejadian itu sangat luar biasa. Kami sebenarnya sudah berhasil mengatasinya, tapi tuntutan masyarakat jauh lebih tinggi lagi," ucap Imam.

Imam berpesan agar Kepala Lapas Pemuda Tangerang yang baru harus hati-hati dalam mengelola dan menjaga penjara itu. Karena lapas tersebut menjadi sorotan media massa. "Lapas Pemuda dari jaman ke jaman menjadi sentra pemberitaan. Terutama berita jelek, cepat sekali keluar," ucapnya.

Karena itu lanjut Imam, Kepala Lapas Pemuda Tangerang harus terus berkoordinasi dengan jajaran Kanwil Kemenkumham dalam mengelola dan menjaga lapas tersebut. "Agar kalau ada sesuatu bisa ditangani dengan cepat," ujarnya.

Kunto sendiri tampak legowo, meskipun turun peringkat. "Jabatan itu amanah, saya selalu siap ditempatkan di manapun. Yang pasti saya sudah berusaha bekerja semaksimal mungkin di Lapas Pemuda ini," ucapnya.

Baca juga: Irjen Pol Abdul Karim, S.I.K., M.Si, jadi Kapolda Banten yang baru

Sementara menurut Sugeng, sistem yang sudah bagus diterapkan di Lapas Pemuda Tangerang, dirinya akan mempertahankan. Sementara sistem yang belum baik, baru akan dibenahi. "Saya akan lihat apa yang kurang. Semoga saja saya bisa bertugas dengan baik dan lancar," ujarnya. (yan)

Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
Kalapas Pemuda Tangerang
Berita Terkait
Selengkapnya