Survei Indikator Politik: Ganjar Rebound Kalahkan Prabowo

Survei Indikator Politik: Ganjar Rebound Kalahkan Prabowo
Foto: Ganjar Pranowo dengan mengenakan baju adat Sunda jenis bedahan menyalami tamu undangan pada Upacara Peringatan HUT ke-78 RI di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang, Kamis (17/08/2023).
NASIONAL
Jumat, 18 Ags 2023  18:02

Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil jajak pendapat terbaru yang menunjukkan elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo rebound atau kembali naik.

Elektabilitas bacapres dari PDIP itu kini berhasil mengalahkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan dalam simulasi tiga nama yang dilakukan Indikator Politik Indonesia.

Elektabilitas Ganjar sebesar 35,2 persen jika pemilihan presiden diadakan sekarang. Kemudian, Prabowo 33,2 persen dan Anies hanya 23,9 persen.

Baca juga: Golkar-PAN Dukung Prabowo di Pilpres 2024, Pernusa: Relawan Jokowi Tak Akan Terkecoh!

"Simulasi tiga nama ini lagi-lagi kita tanya. Kebetulan di antara banyak nama, hanya Ganjar, Anies, dan Prabowo yang dinamis dan potensial. Hasilnya Ganjar 35,2 persen, Prabowo 33,2 persen, dan Anies 23,9 persen,” kata Peneliti Utama Indikator, Burhanuddin Muhtadi saat menyampaikan hasil surveinya, Jumat 18 Agustus.

Dia juga menyebut elektabilitas bacapres dari tahun ke tahun sangat dinamis. Namun, menurutnya secara umum kenaikan elektabilitas Ganjar rata-rata lebih tinggi dibanding bacapres lainnya.

“Elektabilitas capres naik turun, kita punya datanya pilihan publik kepada capres itu naik dan turun. Prabowo sempat unggul di sepanjang 2021-2022, lalu disalip Ganjar pada April 2022. Kemudian, pada 2023 Prabowo sempat menyalip Ganjar dan sekarang lagi-lagi disalip (Ganjar di atas),” ujarnya.

"Tetapi, rata-rata tiap tahun Ganjar konsisten meningkat,” sambungnya.

Baca juga: Ganjar Pranowo Hadiri Jalan Sehat di Bali

Dia juga menambahkan saat ini pemilih Ganjar didominasi dari etnis Jawa. Sebagaimana diketahui Jawa sendiri menjadi kunci.

“Etnik Jawa cenderung ke Ganjar, saking besarnya pemilih Jawa maka adalah kunci. Padahal Prabowo juga orang Jawa asli Banyumas, tetapi sebagian mungkin tidak melihat atau kurang tahu Prabowo punya latar belakang itu,” sambungnya.

Hal:
1
2
Berikutnya
Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
pilpres
ganjar pranowo
prabowo
indikator politik
survei
Berita Terkait
Selengkapnya