Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin menjadi Tetamu Kehormatan BPMP Provinsi Sumatera Selatan dalam gelar Apresiasi Merdeka Belajar 2023.

Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin menjadi Tetamu Kehormatan BPMP Provinsi Sumatera Selatan dalam gelar Apresiasi Merdeka Belajar 2023.
Foto: Sultan Palembang bersama Plt Kepala dinas Pendidikan Sumsel
SUMSEL
Minggu, 24 Des 2023  08:55

Palembang Aliansinews-

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sumatera Selatan menyelenggarakan Apresiasi Merdeka Belajar Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023 yang berlangsung di Ballroom Hotel Novotel, Palembang pada Sabtu (23/12).

Acara Apresiasi Merdeka Belajar ini mengusung tema “Dengan Memperkuat Kolaborasi dan Sinergitas Merdeka Belajar kita Wujudkan Peningkatan Mutu dan Kualitas Pendidikan di Provinsi Sumatera Selatan”.

Baca juga: Kalapas Lubuklinggau Hadiri Penutupan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan V dan VI di BKPSDM Kota Lubuklinggau Tahun Anggaran 2023

Pj. Gubernur Sumatera Selatan yang diwakili oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Drs. H. Sutoko, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada BPMP Provinsi Sumatera Selatan yang telah menginisiasi kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi bagi Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang telah memberikan dukungan pada suksesnya implementasi Merdeka Belajar dan bagi Satuan Pendidikan serta Pelaku Ekosistem Pendidikan yang telah memenuhi kriteria capaian prestasi dalam pelaksanaan program Merdeka Belajar dan aspek prestasi lainnya. 

Acara yang diawali dengan gemilang, pembukaan Merdeka Belajar tersebut dimeriahkan dengan persembahan tarian Gending Sriwijaya yang menggugah semangat, yang dilakukan oleh siswi SMA Negeri Sumatera Selatan yang tergabung dalam sanggar AISENTAS. Tarian tersebut berhasil menciptakan atmosfer yang begitu memukau dan menggugah kebanggaan akan budaya daerah. Disamping hiburan tari-tarian dari anak-anak perwakilan sekolah juga dihadirkan Paduan suara dari SMAN 1 Tanjung Raja berkolaborasi dengan seluruh pengisi acara dari beragam jenjang pendidikan termasuk anak disabilitas, Tari Junjungan dari SMPN 2 Tanjung Raja dan juga galeri foto perjalanan 26 episode Merdeka Belajar di Provinsi Sumatera Selatan serta pameran dari sekolah. 

Apresiasi merdeka belajar tahun 2023 tersebut dibuka secara virtual oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kemendikbudristek Dr. Praptono, M.Ed, turut hadir pula pada kegiatan tersebut   Walikota/Bupati se Provinsi Sumatera Selatan atau yang mewakili dan Sultan Kesultanan Palembang Darussalam Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin disamping itu juga Rektor Universitas Sriwijaya, Kepala Bappeda Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Dinas Pendidikan se-Provinsi Sumatera Selatan, Kepala UPT Kemendikbudristek seperti Balai Guru Penggerak Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan wilayah VI Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Bangunan dan Listrik Medan dan Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan wilayah Sumatera, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Kepala UPTD Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan Sumatera Selatan, Kepala LLDIKTI wilayah II, Organisasi Profesi, Komunitas Belajar, serta penerima apresiasi Merdeka Belajar Provinsi Sumatera Selatan tahun 2023.

Baca juga: BPMP Provinsi Sumatera Selatan sukses gelar Apresiasi Merdeka Belajar 2023

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Drs. H. Sutoko, M.Si menyebut bahwa Indonesia Emas 2045 bukan hanya sekedar wacana baru, tranformasi dan adaptasi di dunia Pendidikan dalam menciptakan generasi emas 2045 yang berkarakter, berdaya saing sudah menjadi cita-cita bersama. Pendidikan sebagai pondasi masyarakat berkarakter merupakan tanggung jawab semua pihak yang berperan aktif dalam menuju Indonesia emas 2045.

Hal:
1
2
Berikutnya
Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
Berita Terkait
Selengkapnya