Silaturahmi DPD dan DPC se Sumbagsel, Ketua DPD PJS: Pengurus Wajib UKW.

Silaturahmi DPD dan DPC se Sumbagsel, Ketua DPD PJS: Pengurus Wajib UKW.
Foto: Perwakilan Bid Humas Polda Sumsel
SUMSEL
Selasa, 22 Ags 2023  08:35

PALEMBANG, Aliansinews,−

Dalam rangka menjalin sinergitas dengan seluruh stake holder menuju jurnalis yang profesional, kompeten dan bermartabat,  Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Pemerhati Jurnalis Siber (PJS) Sumatera Bagian Selatan mengadakan acara silaturahmi dengan Dewan Perwakilan Cabang (DPC), di Aula Hotel Graha Kartika Sriwijaya Jl. Merdeka Palembang, Senin, (21/8/2023).

Ketua DPD PJS Sumsel Rino Triyono, S.KOM, C.IJ mengatakan, hari acara berjalan sesuai dengan yang direncanakan dimana tamu undangan dihadiri Kapolda Sumsel, terkait politik nanti di tahun politik pemerhati jurnalis siber khususnya wartawan online itu harus berkolaborasi dengan stake holder dan pemerintah. Sedangkan hari ini acara dihadiri oleh 14 DPC dari 17 kabupaten kota, 

Baca juga: Tanah Kas Desa Diduga hanya menjadi ajang Bancakan memperkaya diri, oknum Kades Desa Marga Rahayu.

“Yang lebih kita tekankan pengurus PJS mereka harus kompeten, professional dan bermartabat, artinya pengurus PJS itu wajib UKW (Uji Kompeten Wartawan), bahkan kemarin kita sudah mencetak sejarah di Sumsel, pernah menyelenggarakan UKW akbar di Muara Enim,” kata Rino kepada Aliansinews, usai acara silaturahmi DPD dan DPC se-Sumbagsel, Senin (21/8/2023).

Syarat untuk bergabung di PJS ini lanjut Rino, dia (wartawan,red) harus dibuktikan dengan ID Pers,  surat tugas dan yang pastinya dia tidak boleh berada di organisasi yang serupa jadi artinya ketika dia di PJS tidak boleh berorganisasi dengan yang lainnya, harus mengundurkan diri ketika bergabung di PJS, kemudian dari situ diberikan pelatihan, dan yang pasti harus wajib UKW.

“Tugas dan fungsi PJS sendiri sama seperti teman-teman jurnalis untuk meliput berita, menyajikan sebuah kebenaran, terkait organisasi bagaimana PJS itu bisa menjadi referensi bagi seluruh teman-teman wartawan dengan membuktikan dari sikap dan tingkah laku kita pada saat pengambilan berita. Karena ada sebagian kecil wartawan itu kalau menemui pejabat pakaian kurang sopan, untuk PJS sendiri harus wajib lebih elegan”, terangnya.

Baca juga: Diduga kuat keuntungan BUMdes hanya memperkaya diri oknum Kepala Desa Margarahayu.

Masih menurut Rino, wartawan harus diawasi karena bentuk pengawasan terhadap wartawan untuk DPD, khususnya DPC tetap di monitoring, kemudian setiap pemberitaan selalu berkoordinasi bahkan dari DPD pun itu diawasi oleh Sekretaris DPD sendiri. “Yang pasti ada group yang selalu memonitoring kawan-kawan, ketika ada laporan dari kawan-kawan dari DPD ataupun dari pemerintah setempat harus kita konfirmasi”, tegasnya. 

Dalam acara yang sama, Kasubbid Mulmed Subbid Bidhumas Polda Sumsel Kompol Masnoni SIK, mengatakan, kegiatan PJS hari Polda sangat mensupport, dimana ada pembentukannya DPD, apalagi ada pembentukan di masing-masing cabang Kabupaten, sehingga apa yang menjadi arahan pimpinan jadi sampai ke bawah jadi terpusat, dan diharapkan organisasi ini terbentuk dengan tujuan untuk memahami agar pemerhati jurnalis siber (PJS) di Provinsi Sumsel lebih kondusif dan aman terutama di tahun 2024 dimana menjadi panggung politik. Media sosial menjadi trend yang sangat penting. 

Hal:
1
2
Berikutnya
Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
PJS Jurnalis UKW Sumsel
Berita Terkait
Selengkapnya