Rakor Pembentukan BUMDesma Karanganyar, Dispermades Himbau Larangan Pengelola Merangkap Jabatan

Rakor Pembentukan BUMDesma Karanganyar, Dispermades Himbau Larangan Pengelola Merangkap Jabatan
Foto: Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Karanganyar meminta transformasi pengelola kegiatan dana bergulir masyarakat eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (eks PNPM) untuk menjadi Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma)
SOLO RAYA
Rabu, 13 Des 2023  01:50

KARANGANYAR – Rakor pembentukan digelar, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Karanganyar meminta transformasi pengelola kegiatan dana bergulir masyarakat eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (eks PNPM) untuk menjadi Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) dipercepat.

Hal itu ditujukan untuk semua camat dan kepala desa di 14 kecamatan, kecuali Jaten, Karanganyar, dan Colomadu.

Kepala Dispermades Karanganyar Sundoro Budi Karyanto mengungkapkan, proses transformasi tersebut sudah masuk pada tahap finalisasi dan menyamakan persepsi antara anggota dari eks-PNPN dengan pembina maupun pengawas BUMDes di masing-masing desa.

Baca juga: Pemberdayaan Umat Penguatan Ekonomi, Di Karanganyar Launching Program Portal Iman Bagi Para Pedagang Pasar Tradisional

”Dari 14 kecamatan, laporan yang sudah masuk ke kami, semua desa di wilayah tersebut semua sudah melakukan musyawarah antar desa. Artinya transformasi tersebut nanti pada 2024 sudah siap kita lakukan,” terang Sundoro dalam Rakor Transformasi Eks-PNPM bersama dengan sejumlah camat di ruang Podang I kantor Bupati Karanganyar, Senin (11/12).

Kepala Bagian (Kabag) Hukum Setda Kabupaten Karanganyar Metty Feriska R mengharapkan BUMDesma yang sudah terbentuk segera membuat program kerja.

”Biar lebih cepat untuk melaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku, maka setelah nanti bertransformasi fokus dalam satu kegiatan dulu. Kemudian dalam perkembangannya nanti bisa untuk dilakukan evaluasi. Kalau ada keuntungan, bisa dilakukan kegiatan tambahan lagi,” tegas Metty.

Metty menambahkan, dalam pembentukan BUMDesma, meskipun secara aturan resmi belum terdapat regulasi yang jelas apakah pengelola BUMDes bisa menjabat sebagai pengelola BUMDesma, pengurus BUMDes tidak menjabat sebagai pengelola BUMDesma.

Baca juga: Terobosan Baru Pengembangan Argo Wisata Margo Lawu di Lahan Kodam Diponegoro, Pihak Pengelola Bakal Menggandeng Pihak Ketiga Khususnya Awak Media

”Nanti akan kami atur, karena ranahnya masih abu-abu. Kami akan koordinasikan lagi nanti, setelah BUMDesma ini nanti semua terbentuk dengan baik,” tandasnya. (ras) 

Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
Rakor
Bumdesma
PNPM
Karanganyar
Berita Terkait
Selengkapnya