Prabowo Resmikan 5 Sumber Air Bersih di Kabupaten Sukabumi

Prabowo Resmikan 5 Sumber Air Bersih di Kabupaten Sukabumi
Foto: Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto melakukan peresmian sumber air bersih pada 5 desa di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat..
NASIONAL
Sabtu, 30 Des 2023  15:48

Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto melakukan peresmian sumber air bersih pada 5 desa di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Peresmian tersebut secara simbolis berlangsung di Desa Karanganyar, Dusun Lembur Jami dan Cimali, Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Sumber-sumber air yang akan dimanfaatkan oleh hampir 1.500 kepala keluarga (KK) ini merupakan hasil dari penelitian, eksplorasi, dan bagian dari program pengabdian masyarakat Satuan Tugas (Satgas) Air Universitas Pertahanan (Unhan), sebuah perguruan tinggi di bawah naungan Kementerian Pertahanan.

Baca juga: Akselerasi Kemenangan Prabowo-Gibran

"Segala sarana dan prasarana yang telah diberikan harus dijaga dan dirawat agar kegunaannya dapat dinikmati lebih lama," ujar Prabowo.

Dalam acara tersebut, Prabowo secara langsung memantau proses pemasangan pipa dan instalasi air bersih di Dusun Lembur Jami dan Dusun Cimala, yang terletak di Desa Karanganyar, Kecamatan Jampang Kulon.

Sumber dan instalasi air bersih di empat lokasi lainnya juga sudah dapat dimanfaatkan oleh warga, yaitu di Dusun Ngluwung, Desa Karanganyar, Kecamatan Jampang Kulon; Dusun Ciranjang Sawah, Desa Karangmekar, Kecamatan Cimanggu; Dusun Kuta, Desa Purabaya, Kecamatan Purabaya; serta Dusun Sindanghayu, Desa Citamiang, Kecamatan Purabaya.

Jumlah pipa air yang terpasang dalam program bantuan ini mencapai 30,55 kilometer. Dari kelima lokasi tersebut, warga di Dusun Lembur Jami dan Dusun Cimala menjadi penerima manfaat air bersih terbanyak, mencapai 600 KK.

Baca juga: Ketika Prabowo Tegas Akan Lanjutkan Hilirisasi

Daerah-daerah yang berada di wilayah selatan Sukabumi mengalami kekeringan dan kesulitan mengakses air selama beberapa bulan terakhir, terutama saat musim kemarau.

Acara peresmian tersebut dihadiri oleh beberapa pejabat, termasuk Rektor Unhan Letjen TNI Jonni Mahroza, Dekan Fakultas Logistik Militer Unhan Laksma TNI Agus Adrianto, Kepala Biro Perencanaan, Kerja Sama, dan Humas Unhan Marsma TNI E. Soni Astaryadi, Kepala Biro Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha, serta Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

Hal:
1
2
Berikutnya
Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
prabowo
air bersih
sukabumi
Berita Terkait
Selengkapnya