Polisi: Tidak Benar Bentrok di Bitung Antara Massa Pro Palestina vs Pro Israel

Polisi: Tidak Benar Bentrok di Bitung Antara Massa Pro Palestina vs Pro Israel
Foto: Forkopimda Kota Bitung bertemu membahas soal bentrokan massa pro-Palestina dengan ormas. (Dok. Istimewa).
DAERAH
Minggu, 26 Nov 2023  21:44

Polisi mengklarifikasi soal bentrok kelompok masyarakat yang dinarasikan antara massa pro Palestina dan pro Israel di Bitung, Sulawesi Utara.

Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Setyo Budiyanto menyampaikan narasi bentrok pro Palestina dan pro Israel itu tidak benar. Pasalnya, salah satu ormas yang bentrok bukan kalangan dari pro Israel.

“Makanya itu dari masing-masing pihak yang satu melaksanakan kegiatan untuk peringatan hari ulang tahun yang ke-12, kemudian yang satu lagi kegiatan berhubungan dengan partisipasi aksi bela terhadap Palestina,” kata Setyo dalam keterangannya, Minggu (26/11/2023).

Baca juga: Bentrok Massa Aksi Bela Palestina dengan Ormas, Pemkot Bitung Minta Warga Tidak Terprovokasi

Hanya saja, dia masih belum menjelaskan soal penyebab aksi bentrok dua kelompok masyarakat tersebut.

“Mungkin karena ada sesuatu dan lain hal kira-kira seperti itu sehingga terjadi ribut-ribut, ” tambahnya.

Namun demikian, kata Setyo, kondisi saat ini telah kondusif usai diterjunkannya aparat gabungan TNI-Polri. Pasalnya, aksi massa disebut telah kembali ke kediamannya masing-masing.

Sebagai upaya tindak lanjut, kepolisian disebut bakal melakukan patroli untuk meningkatkan pengamanan agar situasi tetap kondusif dan aman. 

Baca juga: 1348 KPM Bantuan tahan pangan melalui kantor pos tahap tiga di Desa Cibitung Wetan TA 2023

“Kondisinya sedang kita fokuskan untuk meredam untuk bisa melakukan cooling down, untuk bisa menetralkan supaya permasalahannya tidak semakin meluas,” pungkasnya.

Sebagai informasi, aksi ini sebelumnya viral usai beredar di lini masa media sosial video bentrok antar massa aksi bela Palestina dengan kelompok massa lain yang sebagian membawa bendera Israel di Bitung, Sulawesi Utara.

Hal:
1
2
Berikutnya
Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
bitung
sulawesi utara
bentrok massa
polri
Berita Terkait
Selengkapnya