Pernusa Ungkap "Battle Ground" yang Menentukan Pilpres Sekali Putaran

Pernusa Ungkap "Battle Ground" yang Menentukan Pilpres Sekali Putaran
 
NASIONAL
Senin, 08 Jan 2024  04:44

Optimisme pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo-Gibran, akan memenangkan pilpres 2024 dalam sekali putaran semakin menguat.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Harian Pernusa, Andi Hakim, seusai acara deklarasi gerakan sekali putaran (GSP) relawan Jokowi di Rumah Juang Jokowi dan PSI, Minggu (7/1/2024).

"Memang elektabilitas Prabowo-Gibran dari berbagai lembaga survei masih di bawah 50 persen, tapi sudah di atas 40 persen, di kisaran 43-47 persen. Namun bukan elektabilitas itu yang menumbuhkan optimisne, akan tetap pola dan tren elektabilitas masing-masing pasangan sejak oktober 2023," ujar Andi Hakim.

Baca juga: Deklarasi Gerakan Sekali Putaran Pilpres 2024 oleh Relawan Jokowi

Menurutnya elektabilitas Prabowo-Gibran trennya meningkat cukup signifikan dibandingkan bulan Oktober dan sebelumnya, dan dengan sisa waktu sebulan sebelum pilpres, dia optimis perolehan suara di atas 50 persen bisa dicapai yang artinya Prabowo-Gibran akan menang sekali putaran.

"Namun harus diingat, sekali putaran itu hanya bisa dicapai dengan kerja keras dan strategi yamg tepat," imbuhnya.

Strategi yang tepat itu, kata Andi, di antaranya dengan menentukan fokus atau konsentrasi battle ground (medan pertempuran) yang tepat.

"Battle ground itu ada dua macam ya, secara geografis dan segmentasi pemilih," lanjut Andi.

Baca juga: Nyatakan Gibran Langgar Pergub DKI, Bawaslu Jakpus Dinilai "Offside" dan Mencari Sensasi

Secara geografis, dua wilayah yang sangat menentukan, menurutnya adalah Jateng-DIY serta DKI-Banten.

"Bukan berarti provinsi atau wilayah lain tidak penting ya, namun yang jadi penentu apakah bisa sekali putaran atau tidak adalah dua wilayah itu," jelas praktisi hukum senior itu.

Hal:
1
2
Berikutnya
Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
pilpres
prabowo
gibran
pernusa
Berita Terkait
Selengkapnya