Pengelolaan Dana BOS SMP N Wukirsari Dikhawatirkan Korupsi, Kondisi Fisik Sekolah Memprihatinkan.

Pengelolaan Dana BOS SMP N Wukirsari Dikhawatirkan Korupsi, Kondisi Fisik Sekolah Memprihatinkan.
Foto: SMP Wukirsari
SUMSEL
Rabu, 30 Ags 2023  20:59

Musi Rawas, Aliansinews

30 Agustus 2023 - Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SMPN H Wukirsari tengah menjadi perhatian tajam di tengah masyarakat. Keberlanjutan dan realisasi dana tersebut dinilai belum maksimal, bahkan dugaan praktik korupsi pun muncul.

Kondisi fisik gedung sekolah yang semakin memburuk menjadi salah satu sorotan utama. Cat gedung yang sudah mengusam, jendela berbalut papan alih-alih kaca, serta pintu-pintu kelas yang tampak merenggang, semuanya menciptakan situasi memprihatinkan. Kerusakan juga terlihat pada meubelair yang mulai rusak dan flapon yang bolong-bolong, memberikan kesan bahwa perawatan terhadap fasilitas sekolah belum dilakukan secara memadai.

Baca juga: Anggaran Dana BOS diduga tidak Sesuai Dengan Realisasi Kepsek Dipanggil Disdik.

Ketidak kondusifan lingkungan belajar akibat kondisi tersebut mengganggu tidak hanya proses belajar mengajar, tetapi juga kesejahteraan murid dan tenaga pendidik. Situasi ini mengangkat pertanyaan mengenai bagaimana dana BOS yang seharusnya diperuntukkan untuk pemeliharaan dan perbaikan fasilitas sekolah benar-benar dikelola.

Herdianto, Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat Peduli Pembangunan Daerah (LSM-PPD), mengungkapkan keprihatinannya. Ia mendesak pihak berwenang untuk segera melakukan investigasi menyeluruh terhadap pengelolaan Dana BOS di SMPN H Wukirsari. Menurutnya, tindakan tegas harus dilakukan untuk mencegah potensi korupsi dan memastikan bahwa dana yang diperuntukkan bagi pendidikan benar-benar memberi manfaat kepada seluruh komunitas sekolah.

Herdianto menegaskan, "Temuan ini akan kami telusuri dengan seksama. Setelah itu, kami berharap pihak terkait akan melakukan pemeriksaan yang dibutuhkan."

Namun, dalam upaya mendapatkan tanggapan dari pihak sekolah, Kepala SMP Negeri Wukirsari, Mirza Serawaidi, tidak dapat diwawancarai. "Kepseknya sudah pulang Pak," ujar salah seorang guru setempat ketika dimintai komentar terkait pengelolaan dana BOS. (Andika Saputra)

Baca juga: Calon Kades Petahana Ibrahim Didukung Warga Maju di Pilkades Serentak Kabupaten Banyuasin.

Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
Dana bos korupsi sekolah prihatin
Berita Terkait
Selengkapnya