Pasca di Demo Warga, Lokasi Galian C di Sambi Boyolali Tampak Lengang

Pasca di Demo Warga, Lokasi Galian C di Sambi Boyolali Tampak Lengang
 
SOLO RAYA
Jumat, 21 Jul 2023  21:01

BOYOLALI - Akhirnya aktivitas tambang galian C di Desa Jatisari, Sambi, Boyolali berhenti, situasi dilokasi tambang juga tampak lengang pasca demo warga beberapa hari lalu.

Data yang dihimpun, gejolak warga mulai timbul adanya aktivitas penambangan tersebut, sehingga ratusan warga Desa Jatisari, Sambi menggelar aksi demo di galian C desa setempat.

Diketahui tambang sudah setahunan beraktifitas hingga sekitar puluhan hektar sudah dikeruk. Kedalaman kerukan bervariasi hingga sekitar belasan meter.

Baca juga: Bising Hingga Subuh, Pawai Segerombolan Pesilat Usai Giat Pengukuhan di Boyolali Tuai Keluhan Warga Masyarakat

Warga pun lantas menggelas aksi dan memblokade akses masuk ritase dump, sehingga seluruh aktivitas penambangan Galian C lumpuh. Ada 11 tuntutan yang diajukan warga hingga kemudian disepakati oleh pengusaha tambang.

Saat dikonfirmasi awak media, Kepala Desa Jatisari, Jiyono juga mengatakan pasca aksi demo hingga mediasi beberapa waktu lalu situasi diwilayahnya mulai kondusif, dilokasi pun tidak ada lagi aktivitas penambangan karena dituntut warga. 

Jiyono juga menambahkan, sesuai dari hasil mediasi beberapa waktu lalu terkait aktivitas penambangan galian dituntut harus dihentikan dan diminta dilakukan reklamasi lahan jika ingin melanjutkan. 

"Saya belum lihat (Cek lokasi tambang, red), tapi suara mesinnya belum ada. Dari balai desa itu hanya beberapa meter, tapi kalau ada suara mesin itu kedengeran. Cuman ini sepertinya belum ada," jelasnya, pekan lalu. 

Baca juga: Berdampak Hilangkan Sejumlah Fasilitas Umum, Tambang Galian C Uruk Desa Jatisari Sambi Boyolali Tuai Protes dan di Demo Warga

Menurutnya, pasca kesepakatan kondisi desa berangsur tenang. Masyarakat juga beraktivitas seperti biasa. Terkait tuntutan warga untuk reklamasi lahan, kades mengaku siap mengawal. 

"Alhamdulillah kondusif, ya sekarang mengerjakan aktivitas masing-masing. Ndak ada apa-apa. Semalam yang bergerombol-gerombol ya biasa, pasca demo hanya cerita-cerita begitu saja kok." Imbuhnya. (*) 

Hal:
1
2
Berikutnya
Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
Aksi
Demo
Tambang
Sambi
Boyolali
Berita Terkait
Selengkapnya