Lapor Pak Kapolri !!! Sindikat Bisnis Illegal Logging di Kalteng Semakin Merajalela, Ada Opo Yoo?

Lapor Pak Kapolri !!! Sindikat Bisnis Illegal Logging di Kalteng Semakin Merajalela, Ada Opo Yoo?
 
DAERAH
Kamis, 19 Okt 2023  18:09

Kuala Kapuas - Dugaan Praktik Pembalakan Liar (Ilegal Loging), yang dilakukan oleh Oknum - oknum Pengusaha  tak bertanggung jawab masih marak sampai saat ini. Sindikat bisnis kayu liar atau kayu tanpa izin (Ilegal Logging) semakin merajalela untuk menggondol hutan Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan seenaknya. 

Padahal sudah jelas instruksi orang nomor 1 Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo bahwa, semasa dirinya menjabat sebagai Kapolri tidak ada lagi yang namanya Ilegal, baik itu Logging, Mining dan Fishing. Namun siapa sangka instruksinya itu terbantahkan oleh segelintir oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Para oknum sindikat ini dengan leluasa menjarah kayu di Wilayah Hukum Kalimantan Tengah (Kalteng).  Diduga, permainan kayu Ilegal atau tanpa izin ini menjadi salah satu obyek yang dimanfaatkan oleh oknum sindikat Ilegal logging yang beroperasi di wilayah Desa Bajuh, Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas. 

Baca juga: Kecelakaan tunggal akibat oli tumpah di Jembatan Kasongan, LAI Kalteng bawa korban ke RS

Berdasarkan hasil data yang dihimpun melalui informasi salah satu masyarakat setimpat yang namanya ada pada (Red), Pada Rabu (13/10/2023) bahwa oknum sindikat ini cukup lumayan lama melakukan aktivitas tersebut, dan sering kali melakukan pengiriman berbagai macam jenis kayu olahan ke Banjarmasin - Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Ada sekitar empat Sawmil yang beroperasi, tidak jauh dari jalan beraspal untuk menuju ke lokasi,” ucapnya. 

Dalam hal ini, Instansi terkait dan juga Penagak hukum segera usut darimana asal-usul kayu tersebut, karena diduga banyak kejanggalan terkait legalitas Sawmil tersebut, mulai dari suplai kayu bulat maupun perizinan Sawmilnya.

Maka dari itu, khususnya Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah, Sporch, Kepolisian Resort (Polres) dan Kepolisian Daerah Mapolda Kalteng dapat segera tanggap dan menindak tegas Pengusaha yang tak lain adalah pemilik Sawmil dan Kayu Log tersebut. 

Baca juga: Keseriusan Polres Kotim dalam menindak lanjuti laporan dugaan pencemaran di Sungai Mentaya dipertanyakan

Hingga berita ini kami turunkan agar kiranya jajaran Polda Kalteng, Polres Kapuas, Dinas Kehutanan, Sporch, sigap dalam mengambil tindakan, untuk memberantas para oknum sindikat Ilegal Logging tersebut tanpa pandang bulu. (Ris)

Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
kapuas
kalteng
ilegal logging
Berita Terkait
Selengkapnya