LAI Jateng Gagalkan Pengiriman Anak Palembang Untuk Pekerjaan Pelayaran di Juana, Pati

LAI Jateng Gagalkan Pengiriman Anak Palembang Untuk Pekerjaan Pelayaran di Juana, Pati
 
JATENG
Minggu, 23 Jul 2023  11:50

Lembaga Aliansi Indonesia DPD Provinsi Jawa Tengah (LAI Jateng) berhasil menggagalkan pengiriman 4 (empat) anak dari Palembang yang akan dipekerjakan di pelayaran di Juana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng).

Penggagalan tersebut berasal dari permintaan keluarga anak-anak tersebut dari Palembang kepada Ketua LAI Jateng Yoyok Sakiran melalui pada hari Kamis, 20 Juli 2023.

Setelah berkoordinasi dengan LAI dan awak media di Kabupaten Pati, ke-empat anak tersebut berhasil ditemukan dan selanjutnya dipulangkan langsung oleh Yoyok Sakiran ke Palembang, Sabtu (22/07/2023).

Baca juga: Kasus Pembunuhan di Kudus Mandeg, LAI Segera Laporkan ke Propam

Sementara itu sebelum kembali ke Palembang salah satu dari ke-4 anak tersebut memberikan keterangan, dia bersama ke-3 rekannya kabur dari bis yang mengangkut mereka ke Juana, karena mencium gelagat tidak beres dari admin / agensi yang memberangkatkan mereka.

“Pada intinya tidak sesuai dengan perjanjian awal. Kami takut dipekerjakan di pelayaran menjaring ikan, takut nanti dipekerjakan paksa, sehingga kami memilih kabur,” ujarnya.

Lebih lanjut Yoyok menjelaskan agar para orangtua lebih berhati-hati jika anak-anaknya akan dipekerjakan jauh dari kampong halamannya.

Baca juga: 4 Oknum Polisi Ditahan Buntut Tewasnya Tahanan di Banyumas

“Selidiki betul bagaimana legalitas perusahaannya, rekam jejak orang yang merekrut, tujuannya, perjanjian kerjanya, dan seterusnya,” kata dia.

Yoyo menambahkan, penggagalan tersebut merupakan komitmen LAI khususnya di Jateng untuk selalu membantu masyarakat yang membutuhkan, dari manapun asalnya.

Hal:
1
2
Berikutnya
Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
aliansi
pati
jateng
Berita Terkait
Selengkapnya