Sukabumi

Kembangkan Budidaya Ikan Di Pesantren, Dinas Perikanan Monitoring Di Purabaya

Kembangkan Budidaya Ikan Di Pesantren, Dinas Perikanan Monitoring Di Purabaya
 
Kamis, 19 Jan 2023  21:28   |   Dibaca: 88

aliansinews.id - Sukabumi, Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi Monitoring kegiatan budidaya ikan di Pondok Pesantren Al-Ittihad dan Al- Ihyaul Irsyad Purabaya, Rabu, 18 Januari 2023
Seperti diketahui Budidaya ikan di lingkungan pesantren memiliki banyak manfaat. Selain untuk melatih kewirausahaan, hasil budidaya juga bisa dimanfaatkan mencukupi kebutuhan gizi para santri serta mendukung program gemar makan ikan yang sedang digalakkan oleh pemerintah.
Ponpes Al-ittihad dan Ponpes Ihyaul Irsyad. Kedua ponpes tersebut sudah masuk kedalam daftar ponpes yang mendukung program OPOP (One Pesantren One Product). Komoditas perikanan di pesantren sudah terbukti bisa diandalkan dalam ajang perlombaan OPOP.

Pada tahun 2021 Ponpes Al- Istyirok di Kec. Waluran menjuarai lomba OPOP tingkat provinsi dengan komoditas ikan lele, sementara pada tahun 2022 giliran Ponpes Al-Masturiyah Cisaat yang menjadi pemenang lomba OPOP tungkat Provinsi Jawa Barat.
Budidaya ikan yang sudah biasa dilakukan di Ponpes umumnya adalah ikan nila, mas dan lele. Kedepannya Dinas Perikanan berharap Pondok Pesantren tersebut dapat mengembangkan ikan sidat yang merupakan komoditas unggulan lokal.
" Selain memiliki nilai gizi yang tinggi ikan sidat juga sangat bernilai ekonomis tinggi. Sehingga diharapkan selain bisa memenuhi kebutuhan gizi untuk para santri juga bisa meningkatkan pemberdayaan perekonomian pesantren" jelas Kadis Perikanan, Nunung Nurhayati
Menurutnya budidaya ikan dapat disinergiskan dengan kegiatan peternakan yang berada di Kecamatan Purabaya. Kotoran hewan (kohe) yang dihasilkan dari hewan ternak dpat dimanfaatkan sebagai media budidaya cacing yang merupakan pakan ikan.
" Dinas Perikanan akan terus mendorong untuk peningkatan budidaya ikan sidat ini melalui program dan kegiatan yang ada" pungkas Nunung.

TAG:
Berita Terkait
Fokus
Populer
Populer
Tabloid Media Aliansi Indonesia
<