Kebakaran Gunung Lawu makin meluas merambah ke Jawa Tengah

Kebakaran Gunung Lawu makin meluas merambah ke Jawa Tengah
 
DAERAH
Rabu, 04 Okt 2023  03:24

Insiden kebakaran yang menghanguskan Gunung Lawu sejak beberapa hari lalu masih belum padam.

Informasi terbaru dikabarkan, kebakaran telah merambah ke wilayah Jawa Tengah, tepatnya di wilayah Jenawi dan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Yulipadmi Handayani, mengungkapkan bahwa kondisi api masih terus bergerak dan semakin luas membakar lahan di Gunung Lawu.

Baca juga: Atasi kebakaran di Gunung Lawu, tim gabungan dikerahkan

“Beberapa titik api yang kecil saat ini masih bisa terkondisikan, tapi beberapa api yang besar masih tetap berkobar di tiga titik. Yang berada di kawasan Hargo Tiling dan Hargo Puroso, sebagian masuk ke wilayah Jawa Tengah,” kata Yuli dalam keterangannya,  Selasa (03/10/2023).

Yuli juga menyebut, sejak kebakaran pertama kali muncul di wilayah Ngawi, Jawa Timur, hingga saat ini, sudah tercatat 20 hektar lahan yang hangus dilalap si jago merah.

“Rata-rata adalah kawasan hutan serta alang-alang,” tambahnya.

Menindaklanjuti perkembangan kebakaran yang mulai masuk wilayah Jawa Tengah ini, pihaknya berencana mengusulkan kepada Bupati Karanganyar agar menetapkan status bencana menjadi tanggap darurat.

Baca juga: Sukabumi diguncang Gempa Bumi Magnitudo 5,4

Tujuannya, untuk memberi informasi bahwa kebakaran Gunung Lawu ini adalah bencana yang cukup serius. Sehingga, proses pemadamannya pun membutuhkan upaya yang lebih dan masyarakat bisa saling waspada.

“Karena kebakaran ini sudah melibatkan dua provinsi, maka usulan itu kita sampaikan ke pak Bupati, agar nanti bisa segera ditangani dengan serius," pungkasnya.

Hal:
1
2
Berikutnya
Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
peristiwa
karhutla
karanganyar
jateng
ngawi
Berita Terkait
Selengkapnya