Kab. Sukabumi Juara III Lomba Masak Berbahan Baku Ikan Tingkat Provinsi Tahun 2023

Kab. Sukabumi Juara III Lomba Masak Berbahan Baku Ikan Tingkat Provinsi Tahun 2023
 
SUKABUMI
Sabtu, 02 Sep 2023  15:40

aliansiindonesia.id - Sukabumi, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati mendampingi TP PKK Kabupaten Sukabumi dalam Kegiatan Lomba Masak Berbahan Baku Ikan Tingkat Provinsi TA 2023, yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 01 September 2023, di Gedung PKK Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung peningkatan konsumsi ikan di Jawa Barat serta diversifikasi produk olahan ikan dalam memenuhi gizi keluarga.

Lomba masak ini melibatkan unsur PKK dari 17 Kabupaten/Kota di Jawa Barat.
tujuan kegiatan yaitu menyosialisasikan kembali kebiasaan gemar makan ikan pada masyarakat. Para Kader PKK dituntut untuk kreatif serta inovatif dalam mengolah bahan baku ikan menjadi makanan yang menarik namun tetap lezat disantap.

Baca juga: Satu Joran, Dinas Perikanan Kembali Lepas Liar Ikan Di Sungai Cimahi

Kepala Dinas Perikanan, Nunung Nurhayati menuturkan TP PKK Kabupaten Sukabumi telah menyiapkan beberapa menu masakan yang di lombakan. Diantaranya adalah Buntel Danghadu yaitu sebuah inovasi masakan yang berbahan dasar udang, tahu dan daun mengkudu.

Selanjutnya ada menu masakan Bolnas Urula atau Bola Nasi Udang Rumput Laut, berbahan dasar udang dan rumput laut. Menu yang ketiga adalah Magang Ikan Pating, atau Macaroni Panggang Ikan Patin. Menu yang Keempat adalah Soledap, menu masakan yang berbahan baku ikan lele, dan sedap malam. Dan yang terakhir adalah Spikuk Udang.

Menu masakan yang di lombakan ole TP PKK Kabupaten Sukabumi, cukup beragam, kreatif dan sangat inovatif. Diharapkan kedepannya dapat meningkatkan konsumsi ikan, khususnya di Kabupaten Sukabumi.

Di akhir acara, diumumkan pemenang Lomba Masak Berbahan Baku Ikan TA 2023. Kabupaten Sukabumi dengan nomor urut 11 mendapatkan peringkat Juara III pada Lomba Masak Tahun ini.

Baca juga: Bersih-Bersih Sungai, Kadis Perikanan Nunung Nurhayati "Degradasi Lingkungan Harus Diantisipasi Bersama"

Menurut Nunung, dengan hasil yang diperoleh, dapat menjadi motivasi untuk terus menggalakan gemar makan ikan kepada masyarakat luas umumnya, dan kepada anak-anak khususnya. Karena dengan mengkonsumsi ikan akan membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga bagi pertumbuhan anak-anak.

Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
DINAS PERIKANAN
KADIS NUNUNG
KABUPATEN SUKABUMI
Berita Terkait
Selengkapnya