Jokowi: Generasi Milenial dan Z Calon Pemimpin Masa Depan

Jokowi: Generasi Milenial dan Z Calon Pemimpin Masa Depan
 
NASIONAL
Jumat, 24 Nov 2023  16:54

Presiden Joko Widodo menyebut generasi milenial dan Gen Z adalah calon pemimpin Indonesia di masa depan.

Jokowi mengatakan Indonesia akan mengalami bonus demografi. Sebanyak 68 persen dari masyarakat Indonesia tahun 2030 adalah orang berusia produktif.

"Generasi milenial dan generasi Z merupakan calon pemimpin-pemimpin masa depan yang dapat memberi warna dan lompatan menuju Indonesia maju yang berkemajuan," kata Jokowi melalui rekaman video yang diputar di Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2023, Jumat (24/11/2023).

Baca juga: Gibran: Beda Pilihan Gak Masalah, yang Penting Persaudaraan

Dia menyarankan milenial dan Gen Z agar mempersiapkan diri. Jokowi berkata generasi muda harus meningkatkan kapasitas, meningkatkan keahlian, serta meningkatkan mentalitas pejuang.

Jokowi ingin generasi muda tak mudah menyerah dan berbudi pekerti luhur. Ia berharap generasi masa depan Indonesia menjadi bagian dari talenta-talenta global.

"Saya berharap seluruh generasi milenial dan generasi Z dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi berkali-kali bicara soal peran generasi muda untuk menentukan arah bangsa. Dia selalu mengingatkan soal bonus demografi yang akan diterima Indonesia mulai 2030.

Baca juga: Yang Muda Yang (Jangan Lagi) Diremehkan

Dia percaya Indonesia mampu menjadi negara maju bila bisa memanfaatkan hal ini. Oleh karena itu, Jokowi berkata masyarakat harus hati-hati dalam memilih pemimpin berikutnya. Jokowi menyebut Indonesia punya waktu 13 tahun untuk melompat jadi negara maju.

"Jadi, hati-hati memilih pemimpin kita," ujar Jokowi di Hotel Kempinski, Jakarta pada Senin (31/7/2023).

Hal:
1
2
Berikutnya
Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
milenial
gen-z
gibran
jokowi
Berita Terkait
Selengkapnya