Solo Raya

Janda Masih Terdepan, Angka Perceraian di Karanganyar Masih Tinggi

Janda Masih Terdepan, Angka Perceraian di Karanganyar Masih Tinggi
Foto: Ilustrasi warga antri diruang tunggu kantor PA. (net)
Selasa, 24 Jan 2023  09:32   |   Dibaca: 79

KARANGANYAR — Wah, kini makin terdepan diwilayah manapun, kali ini menyelimuti Kabupaten Karanganyar. Data yang dihimpun, Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Karanganyar ternyata telah mencatat dimana sebanyak 1.395 istri resmi, saat ini menyandang Janda sejak Tahun 2022 kemarin.

Berbagai faktor menjadi alasan penyebab berbagai pasangan diwilayah Karanganyar bercerai. Lagi-lagi paling menonjol faktor yang menjadi gejolak dimana faktor kesulitan ekonomi. Kemudian faktor yang lain adanya skandal atau perselingkuhan, lalu faktor lain pemicu perceraian seperti tak memiliki keturunan.

Sementara itu, Panitera Pengadilan Agama Karanganyar Khoirul Anam juga mengatakan, para janda itu mendapatkan akta dari perkara cerai talak dan cerai gugat kemarin. Kemudian jumlah janda itu sendiri berdasarkan putusan berkekuatan hukum tetap dalam perkara cerai gugat dan cerai talak.

“Memang di wilayah Soloraya, masih di angka rata-rata. Memang kalau dari segi jumlah lumayan tinggi,” kata Khoirul, Kamis (19/1).

Lanjutnya, bahwa ada pula perkara yang akhirnya dicabut, namun tak seberapa jumalahnya. Biasanya, pasangan yang sudah ke PA untuk bercerai telah bertekad bulat mengakhiri hubungan pernikahan atau cerai. 

“Memang sebelumnya angka cerai lebih tinggi tahun 2020 kemarin. Ke tahun 2021 ada penurunan 60-an perkara. Lalu ke tahun 2022 ada penurunan 72 perkara,” bebernya.

Dengan perceraian mencapai 1.395 perkara yang diputuskan pengadilan agama, otomatis jumlah jandanya juga sebanyak itu. Khoirul mengatakan, Januari 2023 telah tercatat 61 perkara perceraian hingga tanggal 18.(tim/jok) 

 

Editor: Awi

TAG:
Berita Terkait
Fokus
Populer
Populer
Tabloid Media Aliansi Indonesia
<