Isu Ferdy Sambo Tak Ditahan, Kalapas Salemba Angkat Bicara

Isu Ferdy Sambo Tak Ditahan, Kalapas Salemba Angkat Bicara
Foto: Ferdy Sambo saat menjalani sidang vonis terkait pembunuhan Brigadir N Yosua Hutabarat.
HUKUM
Jumat, 05 Jan 2024  12:35

Kalapas Kelas IIA Salemba Beni Hidayat angkat bicara terkait penahanan Ferdy Sambo bin William Sambo. Beni meluruskan informasi dari Alvin Lim dalam sebuah video wawancara di akun YouTube dr Richard Lie yang mengungkapkan Ferdy Sambo tidak pernah ditahan di Lapas Salemba. 

Menurut Beni, pernyataan itu jelas tidak benar. Sebagai warga binaan pemasyarakatan , Ferdy Sambo bin William Sambo tidak pernah ditahan di Lapas Salemba.

Ferdy Sambo menjalani pidana di Lapas Salemba dan telah menjalani masa pengenalan lingkungan (Mapenaling) terhitung pada 24 Agustus-29 Agustus 2023. 

Baca juga: Hukuman Putri Candrawathi Dipotong MA Jadi 10 Tahun

"Hanya saja kemudian yang bersangkutan dipindahkan ke Lapas Kelas II A Cibinong, berdasarkan Surat Kalapas Kelas II A Salemba perihal pemindahan 3 orang warga binaan ke Lapas Kelas II A Cibinong," kata Beni, Kamis (4/1/2024). 

Beni juga membantah pernyataan Alvin Lim bahwa Ferdy Sambo tidur di ruang KPLP selama menjalani pidana di Lapas Salemba. 

"Kami menyayangkan tuduhan bahwa Sambo tidur di ruang KPLP selama menjalani pidana di Lapas Salemba karena itu tuduhan yang ngawur. Sebagai Warga Binaan, Ferdy Sambo ditempatkan di Blok hunian Paviliun Saroso, Lantai I Ruang 23/Type 1. Kami ada dokumentasinya semua," tuturnya. 

Beni tidak menampik bahwa Ferdy Sambo memang mendapat pengawasan melekat dari jajaran KPLP. Namun semua itu berdasarkan pertimbangan keamanan dan ketertiban dan berdasarkan assesment risiko PK BAPAS dan Instrument screening Penempatan Narapidana (ISPN).

Baca juga: Diwarnai Dissenting Opinion, Hukuman Ferdy Sambo Jadi Seumur Hidup

"Jadi bukan tidur di ruang KPLP. Lagi pula ucapan Alvin Lim bahwa dirinya sebagai warga binaan dapat bebas berjalan-jalan ke kantor depan jelas tidak benar. Setiap warga binaan yang akan beraktivitas keluar blok hunian harus dilengkapi dengan surat keputusan TPP dan tercatat dalam buku expedisi lalu lintas warga binaan, jadi tak bisa sembarangan," ungkapnya. 

Mengenai tudingan bahwa Richard Eliezer Pudihang Lumiu bin Sunandag Yunus Lumiu hanya foto-foto dan roll di Lapas Salemba, Beni juga mengungkapkan itu pernyataan yang keliru. Richard Eliezer diterima di Lapas Salemba pada 27 Februari 2023. 

Hal:
1
2
Berikutnya
Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
ferdy sambo
lapas
salemba
Berita Terkait
Selengkapnya