Hukuman Putri Candrawathi Dipotong MA Jadi 10 Tahun

Hukuman Putri Candrawathi Dipotong MA Jadi 10 Tahun
 
HUKUM
Rabu, 09 Ags 2023  00:16

Hukuman istri eks Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi didiskon menjadi 10 tahun dari 20 tahun di kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Putusan ini diketuk Mahkamah Agung (MA) pada hari ini, Selasa, 8 Agustus.

"Amar putusan kasasi, tolak kasasi penuntut umum dan terdakwa dengan perbaikan pidana menjadi pidana penjara 10 tahun," kata Kabiro Hukum dan Humas MA Sobandi kepada wartawan.

Keputusan ini diketuk oleh Hakim Agung Suhadi dan empat anggotanya, Suharto, Jupriyadi, Desnayeti, dan Yohanes Priyana. Adapun perkara Putri terdaftar dengan nomor 816 K/Pid/2023.

Baca juga: Diwarnai Dissenting Opinion, Hukuman Ferdy Sambo Jadi Seumur Hidup

Selain Putri, MA juga memberikan potongan terhadap masa hukuman Ferdy Sambo di kasus yang sama. Dia tak jadi diberikan hukuman mati tapi harus menjalani hukuman pidana seumur hidup.

Begitu juga dengan dua anak buah Ferdy Sambo, yaitu Ricky Rizal Wibowo dan Kuat Ma`ruf.

Ricky mendapat pengurangan hukuman dari 13 tahun menjadi 8 tahun penjara. Sementara Kuat dihukum penjara 10 tahun dari 15 tahun.

Adapun banding diajukan para terdakwa di kasus ini karena mereka keberatan dengan putusan yang diketuk Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan dan dikuatkan oleh Pengadilan Tinggi (PT) DKI.

Baca juga: MA Batalkan Putusan PN Jakbar, Bos KSP Indosurya Divonis 18 Bulan Penjara

Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
putri candrawathi
ferdy sambo
kasasi
mahkamah agung
Berita Terkait
Selengkapnya