Hadiri Rakornas, Bupati Enos Terima Penghargaan Langsung dari Wapres

Hadiri Rakornas, Bupati Enos Terima Penghargaan Langsung dari Wapres
 
OKU TIMUR
Jumat, 10 Nov 2023  07:52

Aliansi Indonesia - Untuk mengapresiasi kinerja pemerintah daerah dalam upaya pengentasan kemiskinan, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Keuangan memberikan insentif fiskal untuk kemiskinan ekstrem.

Penyerahan insnetif fiskal ini dilakukan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma`ruf Amin sebagai bentuk penghargaan untuk kategori kinerja penghapusan kemiskinan ekstrem tahun berjalan 2023.

Baca juga: Rotasi Pejabat Pemkab OKU Timur, Sekda Jumadi Lantik 21 Pejabat Eselon III, IV dan JF Ahli Pertama

Sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 350/2023, Pemerintah Kabupaten OKU Timur turut mendapatkan penghargaan tersebut yang diterima langsung oleh Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T. di Istana Wakil Presiden Jakarta. Kamis, 09 November 2023.

Dalam sambutan dan arahannya, Wakil Presiden RI KH. Ma`ruf Amin menjelaskan berbagai langkah konkret yang telah dilakukan untuk mencapai target penghapusan kemiskinan ekstrem, diantaranya dengan melakukan penajaman sasaran penerima manfaat melalui pengembangan data P3KE. Selain itu juga telah dilakukan konvergensi program dan anggaran dalam rangka penghapusan kemiskinan ekstrem antara lain melalui penyesuaian APBN, APBD dan APBDes.

Di sisi lain, Wapres juga mengingatkan bahwa Indonesia menargetkan untuk menghapuskan kemiskinan ekstrem pada tahun 2024 sesuai Inpres Nomor 4 Tahun 2022. Namun berdasarkan laporan BPS, tingkat kemiskinan nasional per maret 2023 baru mencapai 9,36%. Sementara target RPJMN 2020-2024 adalah 6,5% hingga 7,5%.

Baca juga: Buka Bimtek Pengelolaan Aset dan Inventarisasi Desa, Bupati Enos: Aparatur Harus Mampu Memahami dan Mengelola Aset dan Inventarisasi Desa

"Untuk itu perlu pendekatan kebijakan khusus melalui berbagai program di Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah." tegas Wapres.

Hal:
1
2
Berikutnya
Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
Berita Terkait
Selengkapnya