Dukung Hanpangan 2023, Desa Pulau Kaladan dan Kodim 1011 KLK Kolaborasi Budidaya Semangka

Dukung Hanpangan 2023, Desa Pulau Kaladan dan Kodim 1011 KLK Kolaborasi Budidaya Semangka
 
DAERAH
Rabu, 01 Nov 2023  23:47

Aliansi Indonesia/Kuala Kapuas - Kolaborasi yang sangat apik dilakukan Pemerintah Desa Pulau Kaladan, Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas, bersama Kodim 1011 KLK dalam budidaya buah semangka. 

Hal itu menjadi momen dalam mengikuti lomba yang ditandai dengan Kick Off Gerakan Ketahanan Pangan (Hanpangan) Nasional2023, melalui video conference (Vicon) bersama Wakil Presiden Republik Indonesia, KH. Ma`ruf Amin bersama Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, pada Rabu (1/11/2023) siang. 

Turut hadir pada kegiatan Vicon, diantaranya Staf Ahli Bupati Kapuas, Jaya, mewakili Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi. Camat Mantangai, Yubderi, Pasiter Kodim 1011/Klk Kapten Inf Ignatius Redi Priyanto, mewakili Dandim 1011 KLK Letkol Inf Khusnun Dwi Putranto, Kapolsek Mantangai, AKP Fry Mayedi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Mujiono, dan Kepala Desa Pulau Kaladan, Sugianto. 

Baca juga: Temuan Truk Pengangkut Zirkon yang Diduga Ilegal, APH Setempat Tak Ada Respons Saat Dilapori

Dalam sambutannya, Wapres RI meminta agar lahan tidur yang ada di beberapa wilayah agar dikelola dengan baik sehingga menjadi lahan produktif, sehingga mampu menjawab persoalan ketahanan pangan global. 

Untuk diketahui, komoditas semangka merupakan salah satu unggulan Kabupaten Kapuas yang diharapkan semakin berkembang.  Budidaya semangka yang ada di Desa Pulau Kaladan mampu menghasilkan panen sebanyak 30 hingga 40 ton. 

Camat Mantangai, Yubderi mengapresiasi sekaligus mendukung gerakan Hanpangan Nasional 2023. Ia meyakini, budidaya semangka di Desa Pulau Kaladan itu mampu menjadi nilai tambah bagi masyarakat desa. Ia berharap hal itu menjadi percontohan bagi desa-desa yang ada di Kecamatan Mantangai. 

"Kami dari jajaran Forkopimcam sangat mendukung gerakan Hanpangan Nasional 2023 khususnya komoditas budidaya semangka di Desa Pulau Kaladan. Diharapkan ini menjadi Pilot Project bagi desa lainnya di Kecamatan Mantangai," kata Yubderi saat diwawancarai awak media usai kegiatan. 

Baca juga: Tambang Zirkon Ilegal di Kasongan Lama Diduga Dibekingi Oknum Aparat

Sementara itu, Pasiter Kodim 1011/Klk Kapten Inf Ignatius Redi Priyanto mengatakan, berdasarkan Komando jajaran TNI, pihaknya telah memanfaatkan lahan tidur yang ada menjadi lahan yang produktif. 

"Sesuai petunjuk dari Komando atas, Kodim 1011 KLK bersama dengan Pemerintah Daerah, khususnya di Desa Pulau Kaladan saat ini telah memanfaatkan lahan tidur sekitar 12 Hektar. Yang sekarang tertanam yakni semangka 5 Hektar, singkong 5 Hektar. Untuk kegiatan budidaya semangka sendiri sudah pernah panen sekitar 50 ton yang pertama," ungkapnya. 

Hal:
1
2
Berikutnya
Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
kapuas
kalteng
ketahanan pangan
Berita Terkait
Selengkapnya