Ditreskrimsus Polda Sumsel Amankan 4 Pelaku Penyulingan Minyak Ilegal di Babat Toman Muba

Ditreskrimsus Polda Sumsel Amankan 4 Pelaku Penyulingan Minyak Ilegal di Babat Toman Muba
Foto: Mapolda sumatera selatan
SUMSEL
Kamis, 01 Feb 2024  07:14

Palembang, Aliansinews-

Ditreskrimsus Polda Sumsel berhasil menangkap 4 pelaku penyulingan minyak ilegal (ilegal refinery) di Babat Toman Kabupaten Musi Banyuasin.  Untuk empat tersangka yakni HR (42), HY (47), RD (40),MR (38). 

Kasubdit Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumsel AKBP Bagus Suryo mengatakan, pada kebakaran Muba pada tanggal 12-13 Januari, pihaknya mengamankan HR dan HY selaku pemilik usaha. Kemudian pada tanggal 24 dan Januari kami juga mengamankan RD dan MR sebagai pekerja. 

Baca juga: Maraknya Aksi Pencurian Diwilayah Kecamatan Pampangan, Kinerja Polsek Pampangan jadi Soratan.

"Dengan adanya kegiatan penyulingan ini, bisa merusak lingkungan dan menimbulkan korban jiwa. Bahkan bisa menimbulkan kerugian negara serta mengganggu situasi Kamtibmas," ujarnya saat konfrensi pers, Rabu (31/1/2024). 

"Perbuatannya keempat tersangka ini dijerat pasal UUD Migas Pasal 53 dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara dan denda 50 milyar rupiah," tambahnya. 

Sementara pengakuan salah satu tersangka HR mengatakan, sudah melakukan kegiatan penyulingan ini sudah satu tahun beroperasi. Untuk modal penyulingan BBM Ilegal Rp 100 juta rupiah.

"Saya belajar dari teman- teman yang sudah beroperasi selam satu tahun. Dalam satu bulan bisa memasak 10 kali," tandasnya. (Manda)

Baca juga: Tim Macan Komering Polsek Pangkalan Lampam, Bekuk Pelaku pencurian sepeda listrik di Desa Pulauwan

Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
Tipidter minyak operasi ilegal BBM penyulingan polres Polda Sumsel
Berita Terkait
Selengkapnya