Dinas Pendidikan Kota Tangerang sosialisasikan penggunan Baju seragam Pramuka Pada Hari Rabu

Dinas Pendidikan Kota Tangerang sosialisasikan penggunan Baju seragam Pramuka Pada Hari Rabu
Foto: Kadisdik Kota Tangerang saat menerima penghargaan Bintang Lencana Pancawarsa dari Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah, yang juga menjabat Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Tangerang. .
BANTEN
Minggu, 20 Ags 2023  13:14

Penggunaan seragam pramuka setiap hari Rabu bagi siswa SD dan SMP negeri merupakan tindak lanjut mendukung aturan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI.
Hal ini di realisasikan Dinas Pendidikan Kota Tangerang dengan mensosialisasikan penggunaan seragam pramuka setiap Rabu pada siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN)
Aturan tersebut, mengacu pada Permendikbud No. 50 Tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah Nasional, Pramuka dan Seragam Khas Sekolah bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin Mengungkapkan "Untuk sekolah negeri sudah kita wajibkan setiap hari Rabu. Aturan ini sudah kita buat dan sedang kita sosialisasikan agar bisa diterapkan" .
Sementara itu untuk pendidikan non formal masih akan lihat aturannya nanti, tetapi tak menutup kemungkinan. Mungkin sifatnya imbauan.
Tambahnya lagi, “Aturan terkait seragam pramuka di hari Rabu ini sudah disampaikan kepada seluruh sekolah di bawah pengawasan Dinas Pendidikan Kota Tangerang.
Pramuka dan Dunia Pendidikan merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, Kehadiran pramuka menyempurnakan sendi-sendi dunia pendidikan dalam membentuk karakter bangsa.
“ Dinas pendidikan Kota Tangerang berhasil mencetak 1.000 Pembina Pramuka di tingkat SD dan SMP se-Kota Tangerang. Hal ini menjadi salah satu perhatian Pemkot Tangerang untuk turut membantu peningkatan kualitas gugus depan yang berada di setiap wilayah," terangnya.
Selain itu, melalui Dispora, pemkot juga telah mencetak 1.000 Pramuka Garuda golongan Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega se-Kota Tangerang."Kehadiran Pramuka di era saat ini sangat diperlukan sebagai wadah pengembangan karakter bagi generasi milenial dan generasi Z dalam menghadapi tantangan zaman," pungkas Jamaluddin. 

Dalam momen sebelumnya pada peringatan Hari Pramuka ke-62 tingkat Kota Tangerang, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin menerima penghargaan Bintang Lencana Pancawarsa dari Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah, yang juga menjabat Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Tangerang. Penghargaan tersebut juga diberikan kepada sejumlah kepala dinas yang berkontribusi terhadap ke-Pramukaan di Kota Tangerang.

"Mudah-mudahan dengan semangat Pramuka seluruh putra putri Kota Tangerang semakin kreatif, semakin inovatif. Juga terima kasih atas dukungan seluruh masyarakat yang terus mendukung Pramuka untuk Indonesia," singkat Arief.

Baca juga: Walikota Tangerang: “ Kondisi udara di Kota Tangerang masih aman bagi warga. Namun perlu ada upaya bersama agar kualitas udara semakin baik “

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin mengatakan, bahwa dalam perjalanan hidupnya tidak lepas dari Pramuka. "Sejak masih menjadi siswa, guru, hingga kepala sekolah saya selalu aktif dalam berkegiatan Pramuka, bahkan hingga sampai hari ini," pungkasnya.

Sementara itu, Pancawarsa merupakan tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota dewasa Gerakan Pramuka atas kesetiaannya kepada organisasi dan keaktifannya berkegiatan dalam Pramuka selama lima tahun atau kelipatannya secara terus-menerus. Dimana pengabdian ini bisa terus dilanjutkan dan membawa dampak besar tidak hanya kepada organisasi pramuka, namun juga masyarakat dan negara.(A1)

(A1)

Baca juga: Kepsek Swasta se-Tangsel Protes Sistem PPDB

Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
Kadisdik Kota Tangerang terapkan seragam pramuka pada hari rabu
Berita Terkait
Selengkapnya