Dilantik sebagai KSAD, Maruli Simanjuntak Naik Pangkat jadi Jenderal

Dilantik sebagai KSAD, Maruli Simanjuntak Naik Pangkat jadi Jenderal
Foto: KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak. (Dok. YouTube Sekretariat Presiden).
HANKAM
Rabu, 29 Nov 2023  15:19

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik Letjen Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) baru di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Saat ini posisi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) masih kosong karena pemimpin sebelumnya, yaitu Jenderal Agus Subiyanto telah dilantik menjadi Panglima TNI yang baru.

Maruli sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Baca juga: Sah !!! Jenderal Agus Subiyanto Resmi Dilantik jadi Panglima TNI

Maruli diangkat menjadi Kepala Staf Angkatan Darat dengan ditandai oleh Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 103/TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam jabatan tersebut.

Sebelum resmi dilantik, Maruli mengucapkan sumpah jabatan sesuai dengan keyakinan agamanya, yang dipandu langsung oleh Presiden Jokowi.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” kata Maruli.

Dengan posisinya yang baru, Maruli mengalami kenaikan pangkat dari Letnan Jenderal (bintang tiga) menjadi Jenderal (bintang empat).

Baca juga: 2 Pesawat TNI AU Jatuh di TN Bromo-Tengger-Semeru, Pasuruan

Hadir menyaksikan agenda pelantikan jajaran Menteri Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Polhukam Mahfud MD, Mendagri Tito Karnavian, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Maruli Simanjuntak lahir 27 Februari 1970, dirinya merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1992 berasal dari kecabangan Infanteri (Kopassus) dan Detasemen Tempur Cakra.

Hal:
1
2
Berikutnya
Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
ksad
maruli simanjuntak
tni
jokowi
Berita Terkait
Selengkapnya