Desa Cileuksa Bangun Kandang Peternakan Kambing Untuk Ketahanan Pangan

Desa Cileuksa Bangun Kandang Peternakan Kambing Untuk Ketahanan Pangan
 
DAERAH
Rabu, 27 Des 2023  11:01

Bogor - Aliansinews.id -- Upaya pemdes Cileuksa, kecamatan Sukajaya, kabupaten Bogor, provinsi Jawa Barat. Dalam mewujudkan ketahanan pangan di desanya, pihaknya menggelontorkan anggaran pembangunan peternakan kambing dan penyertaan modal kambing untuk masyarakat sembari berlatih berternak kambing.

Kepala desa Cileuksa Ujang Ruhyadi menjelaskan, dalam upaya ketahanan pangan masyarakatnya, pihaknya memanfaatkan lahan yang berada di wilayah desa kampung Cipandawa, yaitu membangun kandang peternakan kambing.

Peternakan ini mampu menampung 40 ekor kambing pihaknya menggelontorkan anggaran Sumber Dana Desa (APBN) sebesar 100 ( seratus juta rupiah ). tahun anggaran 2023 untuk membangun kandang Serta serta menyediakan bibit kambing ternak sebanyak 40 ekor kambing pelaksana TPK dan kelompok tani.

Baca juga: Pemdes Desa Cileuksa Kembangkan Agrowisata Buah Alpukat Miki

"Program ini kita serahkan kepada BUMDes untuk membina warga masyarakat Desa Cileuksa kampung Cipandawa akan dilakukan secara bergilir ketika sudah 2 tahun berjalan," tegas kepala Desa Ujang Ruhyadi, yang di sapa Apih ujang.

Lanjut kades Ujang Ruhyadi, pola pembagian keuntungan yaitu dengan komitmen bagi hasil ternak pada tahun pertama 60 banding 40.

Untuk komposisinya adalah 60 untuk warga dan 40 untuk BUMDes dan pada tahun kedua bagi hasil 50 banding 50, dan pada tahun ketiga setelah warga mendapatkan hasil dari ternak tersebut, mereka bisa mandiri mengelola keuntungan peternakan akan bergulir kepada warga lainnya.

Baca juga: Bantuan Bibit Dari kementerian KLHK dan TNGHS Tanam di Desa Cileuksa

"Saat ini kita konsentrasi pada ternak kambing, jika dalam setahun bisa lahir kambing 20 ekor maka 14 ekor untuk warga dan 6 ekor untuk Bumdes," jelasnya.

Kades Ujang Ruhyadi untuk pengelolaan kotoran kambing, pihaknya Telah melakukan kerjasama dengan petani yang sudah siap menampung pupuk kambing untuk tanaman seperti buah-buahan yang tidak jauh dari lokasi kandang kambing.

Hal:
1
2
Berikutnya
Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
cileuksa
sukajaya
bogor
Berita Terkait
Selengkapnya