Desa Bantan Melaksanakan Acara Tradisi Sedekah Balak, Menyambut Tahun Baru Islam 1445 H

Desa Bantan Melaksanakan Acara Tradisi Sedekah Balak, Menyambut Tahun Baru Islam 1445 H
 
OKU TIMUR
Senin, 31 Jul 2023  23:47

Aliansi Indonesia - Dengan rasa gembira masyarakat Desa Bantan berduyun-duyun kumpul di Kantor Desa untuk mengadakan ritual tahunan di Desa Bantan Kecamatan Buay Pemuka Peliung Kabupaten OKU Timur. Senin 3I Juli 2023.

Adapun acara yang diselenggarakan untuk menyabut tahun baru islam 1445 H, masyarakat yang datang tidak lupa membawa pusaka pusaka peninggalan nenek moyang zaman dulu untuk dibersihkan dan disucikan di acara ini.

Baca juga: Bupati Lanosin Resmikan Pengoperasian Mall Pelayanan Publik (MPP)

Dengan sakral acara ini berlangsung masyarakat Desa Bantan menyebut acara ini Sedekah Balak yang mana masyarakat harus berkumpul untuk do`a bersama supaya dijauhkan dari marabahaya dan bencana alam.

Masyarakat selesai dari do`a bersama, acara pembersihan pusaka pusaka pun dilaksakan dalam hal ini dipimpin oleh Hijasi, Pihrin, Asmadi, dan Nurdin, yang sudah turun temurun dari zaman nenek moyang.

Baca juga: Bupati Lanosin Lantik 13 Kades Terpilih di Zona 4

Yang mana kita lihat hari ini pusaka pusaka kris, tombak, peninggalan moyang Buay Pemuka Peliung untuk selalu dibersihkan dan ada juga pusaka Pengayuh Perahu yang di rawat oleh Pison yang usianya sudah ratusan tahun, juga di bersihkan

Lettu Kenedi Kepala Desa Bantan menyampai supaya rutinitas tahunan ini selalu kita kembangkan karna sudah menjadi tradisi Desa kita dari zaman nenek moyang kita dulu." Ujar Kades Lettu.

Hal:
1
2
Berikutnya
Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
Berita Terkait
Selengkapnya