Darurat kekeringan melanda puluhan Kecamatan di Kabupaten Bogor

Darurat kekeringan melanda puluhan Kecamatan di Kabupaten Bogor
Foto: Penyarluran bantuan air bersih di Desa Kalongliud, Kecamatan Nanggung. Kabupaten Bogor, kamis 3 Agustus 2023 lalu.
DAERAH
Rabu, 11 Okt 2023  14:17

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat, mencatat sudah tiga bulan membuat status tanggap darurat kekeringan. Status darurat kekeringan di Kabupaten Bogor itu, terhitung sejak Agustus-Oktober 2023.

Sebanyak 38 dari 40 kecamatan tersampak bencana kekeringan air bersih di Kabupaten Bogor. Dua kecamatan yang tidak mengalami kekeringan, yakni Taman Sari dan Cileungsi.

Jaro Ade

"Hanya dua kecamatan yang masih aman (tidak mengalami kekeringan). Ada 195 desa dari 436 desa, dengan jumlah jiwa yang terdampak sekitar 447.462 jiwa, itu sementara," kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Agus Suyatna, Rabu (11/10/2023).

Agus mengungkapkan, sampai detik ini Pemdakab Bogor terus melakukan droping air bersih kepada ratusan desa terdampak kekeringan. Semua kebutuhan berkaitan tentang kekeringan dipenuhi Pemkab Bogor.

Ika Mustika

"Kita siapkan sekitar 15 tengki air yang setiap hari mobile (berkeliling mengantar) dan sesuai permintaan. Mekanismenya, masyarakat melalui RT/RW, atau Desa bersurat ke pemda melalui BPBD itu kita kirimkan (bantuan air bersih)," ucap Agus.

Baca juga: Acara Rapat Minggon Satu Minggu Sekali Tingkat kecamatan Cibungbulang 2023

Lanjutnya, Agus menuturkan, BPBD Bogor sudah melakukan droping ari bersih sejak Juni 2023. "Dari Juni itu sudah mulai ada tanda-tanda kekeringan, memang, puncaknya di Agustus, September, Oktober," ujar Agus.

‚Äč

Baca juga: Acara Pembinaan MUI Kecamatan Nanggung Dan Desa Nanggung, Dihadiri Kapolsek Nanggung

TAG:
air bersih
kekeringan
bogor
Berita Terkait
Daerah   Jumat, 08 Des 2023  16:40
Selengkapnya