Caleg Dapil Selat Ini Dorong Pengembangan UMKM dan Pariwisata

Caleg Dapil Selat Ini Dorong Pengembangan UMKM dan Pariwisata
 
DAERAH
Sabtu, 09 Des 2023  09:24

Aliansinews Kuala Kapuas - Calon anggota DPRD Kabupaten Kapuas Dapil I Selat dari Partai Hanura, Pahala Aritonang, ST, memberikan perhatiannya pada pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) seperti wisata kuliner khas daerah Kapuas. 

Tokoh muda ini mengatakan, kegiatan UMKM dapat mendukung sektor pariwisata sekaligus menciptakan banyak lapangan kerja bagi masyarakat Kapuas. 

Menurut Pahala Aritonang dengan dikembangkannya UMKM industri kuliner lokal dapat menarik minat wisatawan-wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Kapuas. 

Baca juga: Menang Tipis, Septedy Terpilih Nakhodai KONI Kapuas

Ia mengungkapkan, banyak tempat di Kuala Kapuas yang berpotensi untuk dijadikan pusat pengembangan UMKM tersebut. Salah satunya yakni areal pelabuhan KP3 di Kecamatan Selat Kota Kuala Kapuas. 

"Kita menginginkan adanya pengembangan UMKM seperti tempat wisata kuliner khas Kabupaten Kapuas, yang dapat menarik minat wisatawan lokal maupun luar daerah untuk berkunjung ke Kapuas. Sebagai lokasi yakni di pelabuhan KP3 dapat dijadikan tempat pengembangannya," kata Pahala Aritonang kepada media, Kamis (7/12/2023). 

Oleh karena itu ia berharap, kedepannya pembangunan di Kabupaten Kapuas agar lebih berimbang, selain infrastruktur dan Pendidikan, juga di bidang pertanian, perikanan, dan UMKM agar mendorong tumbuhnya perekonomian dan pendapatan masyarakat setempat. 

Ia menambahkan, potensi pengembangan UMKM lainnya terdapat di Desa Pulau Telo yakni kerajinan anyaman rotan dan Kelurahan Panamas yakni pembuatan minyak kelapa Kopra. 

Baca juga: Komsos TNI Babinsa Koramil 1011/04 Sambang Sekolah MTSN

"Minyak kelapa Kopra di Kelurahan Panamas bisa dikembangkan menjadi UMKM masyarakat yang dapat menjadi ciri khas daerah Panamas. Misal dibuat pabrik dan dibuat label Minyak goreng Panamas," kata Ari Tonang panggilan akrabnya. 

Untuk itu ia juga mengimbau kepada Pemerintah Daerah melalui Dinas Perindagkop Kabupaten Kapuas dapat menghidupkan  UMKM di wilayah Panamas tersebut. (ADANAN)

Hal:
1
2
Berikutnya
Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
kapuaa
kalteng
caleg
Berita Terkait
Selengkapnya