Bersih-Bersih Sungai, Kadis Perikanan Nunung Nurhayati "Degradasi Lingkungan Harus Diantisipasi Bersama"

Bersih-Bersih Sungai, Kadis Perikanan Nunung Nurhayati "Degradasi Lingkungan Harus Diantisipasi Bersama"
 
SUKABUMI
Sabtu, 05 Ags 2023  03:10

aliansinews.id - Sukabumi, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi Nunung Nurhayati bersama unsur lainnya melaksanakan kegiatan bersih-bersih sungai, yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 04 Agustus 2023, di Aliran Sungai Cigangsa Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu. 

Selain Kadis perikanan, hadir dalam kegiatan tersebut unsur Bappelitbangda Kabupaten Sukabumi, dinas pertanian, Kepala Desa Citepus. Puskesmas Palabuhanratu serta Forum Bersama Media dan Mitra Perubahan Sukabumi (FBMMPS). Kegiatan ini merupakan bentuk respon cepat laporan warga terkait sanitasi di aliran sungai tersebut. Selain itu, aksi bersih-bersih ini juga didasari untuk memperingati Hari Sungai Nasional. 

Nunung Nurhayati menuturkan aksi bersih-bersih sungai ini merupakan respon cepat setelah menerima laporan dari warga sekitar.

Baca juga: Kantor Desa Diresmikan Bupati, Kades Karangpapak Cisolok "Penantian Panjang 33 Tahun"

" Pelaksanaannya dalam rangka memperingati Hari Sungai Nasional Tahun 2023 yang jatuh setiap tanggal 27 Juli 2023. Kegiatan hari ini difokuskan berlokasi di Aliran Sungai Cigangsa Desa Citepus Kecamatan Palabuhanratu" ungkapnya

Menurut Nunung, Kebutuhan air global meningkat seiring dengan pertumbuhan populasi dan industri. Namun, ketersediaan air yang bersih dan berkualitas semakin sulit karena degradasi lingkungan, perubahan iklim dan juga perilaku individu. 

"Pencemaran air yang terjadi di sungai salah dan laut salah satunya diakibatkan oleh sampah. Perlu adanya upaya konservasi dan pengelolaan yang tepat agar sungai tidak semakin tercemar dan mengancam keberlanjutan sumber daya air baik bagi manusia maupun bagi biota akuatik seperti ikan"

Pada kesempatan itu di serahkan bantuan dari program yang dimiliki oleh Dinas Perikanan yaitu Program IMAH (Ikan Masuk Rumah). Bantuan yang diserahkan yaitu paket olahan ikan berupa abon ikan tuna sebanyak 24 paket. Sasarannya adalah anak-anak yang termasuk dalam kategori stunting di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu.

Baca juga: Dorong UMKM, Bupati Sukabumi Ajak Pelaku Usaha Manfaatkan Kemajuan Teknologi Informasi"

Selain itu, Dinas Pertanian juga memberikan bantuan berupa beras nutri zink kepada anak-anak stunting di Desa Citepus. Beras nutri zink merupakan beras yang mengandung banyak mineral zink yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam pertumbuhan dan perkembangan.

Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
Dinas perikanan kab. Sukabumi. Nunung Nurhayati
Berita Terkait
Selengkapnya