Arak-arakan Jenazah Lukas Enembe di Sentani Ricuh, Massa Bakar Mobil hingga Serang Aparat

Arak-arakan Jenazah Lukas Enembe di Sentani Ricuh, Massa Bakar Mobil hingga Serang Aparat
Foto: Arak-arakan jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe di Kota Jayapura, Papua, Kamis 28 Desember 2023, diwarnai kericuhan.
TIPIKOR
Kamis, 28 Des 2023  12:18

Proses arak-arakan jenazah mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe dari Bandara Sentani menuju Stakin Sentani, Jayapura, Kamis (28/12/2023) siang waktu setempat, sempat diwarnai oleh insiden kericuhan. Massa melakukan pembakaran terhadap kendaraan dan menyerang aparat keamanan.

Kejadian dimulai saat jenazah Lukas hendak dipindahkan dari Bandara Sentani ke Stakin untuk disemayamkan. Meskipun pihak keluarga dan aparat bermaksud membawa jenazah dengan kendaraan, mereka diadang oleh warga.

Warga meminta ikut mengarak jenazah Lukas Enembe menuju tempat persemayaman, dan karena jumlah massa yang banyak, pihak keluarga dan aparat akhirnya menyetujui permintaan tersebut.

Baca juga: Lukas Enembe Meninggal, KPK Sebut Perkara Korupsinya Gugur

Ribuan warga Papua terlibat dalam proses pengarakan jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe, mengeluarkan jenazah dari ambulans di Bandara Sentani menuju Stakin Jayapura.

Peti jenazah Lukas Enembe dibopong setelah disambut di ruang VIP Bandara Sentani dan diteruskan dengan berjalan kaki.

Namun, di perjalanan menuju Stakin Jayapura, massa yang telah menunggu lama mulai menciptakan kerusuhan, melempari mobil aparat dengan batu dan merusak beberapa fasilitas, termasuk kaca kantor cabang salah satu bank di Sentani. Massa juga membakar mobil yang membuat situasi sempat mencekam.

Terjadi pula luka pada beberapa aparat yang terkena lemparan batu. Masyarakat di sekitar perlintasan Bandara-Stakin Jayapura juga memutuskan menutup toko mereka. (*)

Baca juga: Lukas Enembe Divonis 8 Tahun Penjara Plus Bayar Uang Pengganti Rp19,6 Miliar

Formasi Indonesia Satu Jaro Ade
TAG:
lukas enembe
papua
jayapura
Berita Terkait
Selengkapnya