Parahnya Pungli Parkir di Masjid Raya Al-Jabbar, Bandung

Foto: Masjid Raya Al-Jabbar, Bandung.
Minggu, 14 Apr 2024  18:02

Viral di media sosial pengunjung Masjid Raya Al-Jabbar, Bandung, mengalami pungutan liar (pungli) hingga berkali-kali dengan modus parkir di area tersebut. Peristiwa itu diungkapkan salah satu netizen X @petanirumah.

Ia bercerita, saat itu dirinya bersama keluarga berangkat dari Jatinangor hendak ke Ciparay dengan dua mobil. Sebelumnya, mereka memutusukan untuk singgah sholat Isya di Masjid Raya Al-Jabbar. 

Advertisement

Saat di pintu masuk, ia kemudian diberikan karcis parkir. Namun, sudah ada banyak kendaraan lain yang terparkir di dalamnya. 

"Setelah keliling akhirnya nemu tempat parkir dan ada petugas parkir pakai rompi di dalam. Keluar mobil langsung diminta uang `seikhlasnya` karna udah bantu kasih aba-aba parkir. Kasih Rp 2.000 nggak mau," ucapnya dikutip Minggu (14/4/2024).

Baca juga: Karnaval Budaya Daerah West Java Festival, Kab. Sukabumi Usung Konsep Surup Kidang Turun Kungkang

Tak mau ribut, ia pun akhirnya memberikan uang Rp 5.000 kepada petugas parkir tersebut. Namun, ternyata masih juga ditolaknya hingga meminta uang Rp 10.000. 

"Saya kasih aja. Karena udah adzan isya` dan mau buru-buru biar bisa jamaah bergegas deh ke Mesjid," tuturnya.

Baca juga: Akibat Penahanan Ijazah, Pupung Puryanto "Pungli Di Dinas Pendidikan Provinsi Jawabarat, Harus Diberantas Habis"

Tak cukup sampai di situ, saat memasuki pelataran masjid yang merupakan area dilarang menggunakan alas kaki, ia diminta untuk memasukkan alas kakinya ke plastik. Karena tak membawanya, ia diminta membeli plastik tersebut dari petugas.

"Balik lagi beli plastik yang di jual sebelum pelataran seharga Rp 5.000. Akhirnya bisa titip sepatu dan di kasih nomor," katanya.

Singkat cerita, usai rombongan keluarga yang berangkat dari Jatinangor itu selesai melakukan ibadah di Masjid Raya Al-Jabbar, mereka kembali ke parkiran mobil. Di sana, lagi-lagi mereka kena pungli.

Baca juga: Wabup Sukabumi, Iyos Soemantri Menghadiri Peresmian Masjid Al Jabbar Bandung Prov. Jawa Barat

"Ternyata petugas parkir udah beda lagi orangnya, namun masih pakai rompi yang sama. Dan minta lagi 10 Rp ribu `seikhlasnya`," katanya.

"Karena malas debat saya kasih Rp 10.000. Saya di pintu keluar bayar parkir lagi Rp 5.000. Waktu saya bilang udah bayar 2 kali Rp 10.000 di dalam petugasnya hanya senyum-senyum aja," sambung pegunggah itu.

"Karena di luar macet ada satu petugas pakai rompi yang bantu keluar. Sambil ngulurkan tangannya minta seikhlasnya lagi. Karena udah kesal saya nggak kasih," tandasnya.

Baca juga: Gempa Mengguncang Sukabumi Dirasakan hingga Bandung

Berita Terkait