Ketentuan dan Persyaratan Terbaru Naik Kereta Api

 
Senin, 07 Feb 2022  20:08

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mengimbau kepada calon penumpang untuk memperhatikan ketentuan dan persyaratan naik Kereta Api (KA) di masa pandemi.

"Adapun saat ini ketentuan dan persyaratan naik KA mengacu pada Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub) nomor 97 tahun 2021," demikian diinformasikan Kepala Hubungan Masyarakat (Kahumas) PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin (7/2/2022).

Advertisement

Ketentuan yang dimaksudkan antara lain:

1. Penumpang usia 12 tahun ke atas wajib vaksin (minimal dosis pertama) kecuali penumpang yang belum dapat divaksin karena alasan medis wajib memiliki surat keterangan dokter rumah sakit pemerintah/dokter spesialis untuk pengganti vaksin.

Baca juga: Presiden Sampaikan Empat Arahan Terkait Evaluasi PPKM

2. Seluruh penumpang (tanpa batasan usia) wajib memiliki bukti pemeriksaan antigen (1x24 jam) atau RT-PCR (3x24 jam) dengan hasil negatif.

3. Perjalanan penumpang anak usia di bawah 12 tahun wajib didampingi orang tua.

Baca juga: Presiden Jokowi: Pemerintah Telah Lakukan Persiapan Hadapi Lonjakan Omicron

Sebelumnya, PT KAI juga telah memastikan aturan baru, bahwa setiap pembatalan tiket akibat tidak dapat menunjukkan screening Rapid Test Antigen atau RT-PCR, uang tidak lagi dikembalikan 100%, melainkan hanya 75%.

"PT KAI Daop 1 Jakarta senantiasa mengikuti dan mematuhi seluruh ketentuan dari pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 pada moda transportasi KA. Komitmen untuk mewujudkan perjalanan KA yang sehat juga terus dilakukan melalui penerapan aturan yang ketat pada seluruh pengguna jasa baik di stasiun dan selama perjalanan KA berlangsung," sebut Eva menambahkan.

Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) di antaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Social media @keretaapikita @kai121_

Baca juga: Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi bagi Lansia dan Anak-Anak di Kabupaten Bintan

Berita Terkait