Detik-detik Brigadir RA bunuh diri yang terekam CCTV

Foto: Polres Metro Jakarta Selatan merilis rekaman CCTV yang berisikan detik-detik anggota Satlantas Polresta Manado Brigadir Ridhal Ali (RA) tewas bunuh diri di sebuah mobil di Jalan Mampang Prapatan.
Senin, 29 Apr 2024  17:01

Polres Metro Jakarta Selatan merilis rekaman CCTV yang berisikan detik-detik anggota Satlantas Polresta Manado Brigadir Ridhal Ali (RA) tewas bunuh diri di sebuah mobil di Jalan Mampang Prapatan IV RT 10/ RW 02, Tegal Parang, Mampang, Jakarta Selatan.

Polres Metro Jakarta bersama Puslabfor Mabes Polri dan Tim Forensik Siber Polda Metro Jaya telah melakukan analisis terhadap sejumlah CCTV dari tempat kejadian perkara (TKP).

Advertisement

Dari analisis tersebut, terdapat 13 momen penting yang dicatat polisi dan menggambarkan rangkaian aksi bunuh diri Brigadir RA. Terlihat dari CCTV, Brigadir RA tengah mengantar beberapa orang menggunakan Alphard hitam ke sebuah rumah di Jalan Mampang Prapatan.

Setelahnya, orang-orang yang ada di dalam mobil ke luar dan hanya menyisakan Brigadir RA di Alphard hitam tersebut. RA lantas memutar balik mobil yang dikendarainya dan sempat berhenti sekitar 1 hingga 2 menit. Dalam momen itu, terlihat lampu rem mobil menyala.

Baca juga: Keluarga Polisi Bunuh Diri di Mampang Datangi TKP dan Lihat CCTV

Tak lama kemudian, suara tembakan terdengar kencang dan mobil yang dikendarai Brigadir RA pun menabrak mobil putih di area tersebut.

Akibat kejadian itu, beberapa orang yang ada di sekitar rumah ke luar dan menghampiri mobil yang dikendarai Brigadir RA. Menemui RA tewas dengan bersimbah darah, mereka berteriak dan langsung bergegas mencari pertolongan.

Baca juga: Seorang Polisi Tewas Diduga Bunuh Diri di Mampang, Istri Minta Kejelasan

Kasat Reskrim Polres Metro Jaksel, AKBP Bintoro, mengatakan, pihaknya belum mengetahui pasti kepentingan RA mendatangi rumah tersebut. Namun, dia memastikan berdasarkan hasil olah TKP dan barang bukti, RA dinyatakan bunuh diri.

"Kalau yang bersangkutan di situ dalam rangka tugas, itu kan anggota dari Polresta Manado sehingga lebih berkompeten ditanyakan langsung kepada satuan yang di sana," ujar Bintoro dalam konferensi pers di Polres Metro Jakarta Selatan, Senin (29/4/2024).

"Jadi kami di sini yang membuktikan apakah ini kejadian benar-benar peristiwa bunuh diri atau tidak. Ini tugasnya kami," jelasnya.

Baca juga: Polres Metro Jaksel Bongkar Sindikat Perdagangan Orang di Apartemen Kalibata City

Sebelumnya, Brigadir RA tewas di Jalan Mampang Prapatan IV RT 10/ RW 02, Tegal Parang, Mampang Jakarta Selatan, Kamis (25/4/2024). RA tewas dengan luka tembakan di bagian kepala.

Sejauh ini, polisi telah mengamankan barang bukti berupa senjata api jenis HS dan sejumlah rekaman CCTV di lokasi.

Baca juga: Kasus Dugaan Pelecehan Seksual, Visum Psikiatrikum Rektor Nonaktif UP Ditunda

Berita Terkait